Manakah yang anda utamakan dalam memilih investasi?

Apa yang akan Anda jawab jika pertanyaan di atas ditanyakan kepada Anda?

Saya mengutip pendapat ibu Meta Dewi, Investment Communication Manager Allianz, (http://jurnal.allianz.co.id) bahwa sebagian orang banyak menjawab jika mereka memilih investasi berdasarkan return. Sangat jarang investor yang mempertimbangkan risiko terlebih dahulu dalam berinvestasi. Alasannya adalah tujuan kita berinvestasi untuk melipatgandakan dana yang kita miliki, sehingga tertanam dalam diri kita bahwa memilih investasi berdasarkan faktor return.

Tahukah Anda bahwa return dan risiko bukanlah pilihan. Return dan risiko seperti dua sisi koin mata uang yang sudah menjadi satu dan berjalan beriringan. Setiap koin selalu memiliki dua sisi, dan kita tidak bisa memilih untuk mendapatkan satu sisi saja. Setiap kita memilih return maka risiko akan selalu ada bersamanya.

Kenyataan yang banyak terjadi dalam berinvestasi kita selalu tergiur oleh iming-iming mendapatkan return yang tinggi dengan mudah, keinginan mendapatkan investasi yang dapat menggandakan dana terkadang menutup mata kita untuk melihat sisi risikonya. Apesnya adalah ketika risiko datang, kita tidak dapat menghindar dan harus menerimanya.

Karenanya sebelum kita merasakan pahitnya risiko, alangkah baiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih investasi sehingga dapat menikmati manisnya return.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi,

1. Kenali jenis investasi yang anda pilih.

a. Perbanyak informasi mengenai jenis investasi ini

b. Tanyakan risiko maksimal yang mungkin terjadi

c. Pelajari aturan investasinya dan lembaga penerbit investasi ini

d. Bila investasi riil, lihat langsung lokasi investasi

2. Sesuaikan jenis investasi dengan profil risiko anda. Sadari bahwa setiap orang memiliki profil risiko yang berbeda. Sesuaikan investasi dengan profil risiko anda

3. Pantau kinerja investasi anda. Lakukan pemantauan kinerja investasi secara berkala. Tanyakan kepada penerbit bila ada kinerja yang mencurigakan

4. Tinjau ulang kembali kinerja investasi dan tujuan investasi anda. Secara berkalaminimal setahun sekali tinjau ulang kembali hasil kinerja investasi dan sesuaikan dengan tujuan investasi anda.

Advertisements

One thought on “Manakah yang anda utamakan dalam memilih investasi?

  1. Pingback: Manakah yang anda utamakan dalam memilih investasi? | Perlindungan Keuangan Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s