Panduan Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Memilih rencana kesehatan individu dari begitu banyaknya pilihan asuransi kesehatan bisa cukup memusingkan.

Mengingat gangguan kesehatan bisa menghampiri siapa saja plus biaya kesehatan yang selalu meningkat, kebutuhan asuransi kesehatan menjadi semakin penting.

Biaya kesehatan yang tinggi bisa menyebabkan seseorang berada dalam krisis keuangan parah kecuali dia memiliki polis asuransi kesehatan komprehensif yang mengurus semua biaya yang diperlukan.
Jadi bagaimana Anda memilih rencana yang sangat cocok untuk Anda dan keluarga?

Terdapat berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih asuransi kesehatan. Pertanyaan terpenting yang harus diajukan adalah perawatan kesehatan apa yang Anda butuhkan, dan berapa dana asuransi yang bisa Anda sediakan?

Berikut adalah beberapa klausul penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli polis asuransi kesehatan:

1. Batas uang pertanggungan

Anda harus memperhatikan batas uang pertanggungan asuransi kesehatan yang hendak dibeli. Setiap biaya pengobatan yang berada diatas nilai pertanggungan tidak akan diganti.

Dianjurkan untuk memiliki asuransi kesehatan sejak dini, terutama karena tidak mudah untuk meningkatkan nilai pertanggungan setelah klaim terjadi atau ketika usia bertambah.

2. Polis individu atau keluarga

Kebanyakan orang tidak bisa memutuskan apakah akan membeli polis individu untuk setiap anggota keluarga atau polis grup untuk semua anggota keluarga.

Sementara polis individu merupakan yang terbaik dalam semua situasi, namun ini bisa menjadi pilihan yang mahal.

Polis untuk semua anggota keluarga, di sisi lain, menawarkan fleksibilitas dalam hal memanfaatkan asuransi kesehatan sebagai sebuah kelompok.

Saat memutuskan memilih polis kelompok untuk semua keluarga, uang pertanggungan harus cukup tinggi mengingat terdapat kemungkinan lebih dari satu anggota keluarga memerlukan rawat inap dalam waktu bersamaan.

3. Tingkat cakupan

Ketika membeli asuransi kesehatan untuk perlindungan komprehensif, penting untuk memastikan bahwa risiko juga tercakup secara komprehensif.

Seseorang tidak boleh membeli polis hanya karena murah, namun memberikan manfaat minimal.

Berbagai manfaat seperti pra dan pasca rawat inap, perawatan harian, layanan ambulan, atau cakupan persalinan, juga perlu dipertimbangkan.

4. Waktu tunggu untuk pengecualian penyakit yang sudah ada

Sebagian orang mungkin telah memiliki masalah kesehatan sebelum mengajukan permohonan polis asuransi kesehatan. Pra-kondisi biasanya memerlukan masa tunggu yang juga disebut masa tenang.

Oleh karena itu, selain besarnya premi asuransi yang dikenakan, Anda juga perlu membandingkan periode tunggu untuk suatu kondisi atau penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Sebagian polis mengharuskan masa tunggu dua tahun, sedangkan dalam kasus tertentu, bisa diperpanjang sampai empat tahun.

Demikian pula terdapat periode tunggu untuk kondisi tertentu seperti histerektomi, katarak, batu ginjal dan operasi lutut yang bervariasi dari satu sampai empat tahun.

5. Perhatikan sub limit internal seperti pembatasan limit rawat inap atau prosedur khusus

Untuk menghindari biaya terlalu besar, sebagian perusahaan asuransi menerapkan sub-limit pada rawat inap atau prosedur tertentu.

Biasanya perusahaan asuransi menempatkan dua jenis batas, yaitu pada sewa kamar rumah sakit dan biaya yang bisa ditanggung untuk penyakit tertentu.

Polis asuransi kesehatan yang tidak memiliki limit internal menawarkan fleksibilitas lebih besar meskipun harus ditebus dengan premi yang lebih tinggi.

6. Daftar pengecualian

Sementara polis asuransi kesehatan dapat memberikan bantuan pada saat keadaan darurat, Anda juga harus memahami kondisi atau penyakit apa saja yang dikecualikan oleh polis.

Penting untuk mengetahui daftar pengecualian dalam polis asuransi kesehatan untuk menghindari kejutan yang bisa merugikan kondisi keuangan Anda.

Bandingkan daftar pengecualian ini antara satu perusahaan dengan yang lain untuk mendapatkan polis terbaik.

7. Teliti daftar rumah sakit mitra

Penting untuk mengetahui mitra rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi pilihan Anda.

Perusahaan yang menjalin kerja sama dengan banyak penyedia layanan kesehatan akan menawarkan lebih banyak fleksibilitas sekaligus kesederhanaan.

Saat berobat di rumah sakit yang bukan merupakan mitra perusahaan asuransi, Anda mungkin diharuskan menalangi biaya pengobatan terlebih dahulu yang nantinya baru diganti saat pengajuan klaim.

Sebaliknya, berobat di rumah sakit mitra, seorang nasabah hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan asuransi dan semua biaya langsung akan diurus tanpa harus menggunakan talangan dari uang pribadi.

8. Reputasi perusahaan

Umumnya, kita cenderung mengikuti pilihan yang diambil oleh teman dan keluarga, tak terkecuali untuk asuransi kesehatan.

Pasar dibanjiri dengan berbagai produk sehingga penting bagi Anda mencari informasi paling akurat untuk mendapatkan produk dan perusahaan terbaik.

Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi terbaik. Produk asuransi dijual berdasarkan janji. Anda tentu tidak ingin mengalami kesulitan saat kelak hendak menagih janji kepada perusahaan asuransi pilihan Anda.[]

Advertisements
This entry was posted in asuransi kesehatan and tagged , , on by .

About natanaelalbertus

Kepuasan terbesar saya adalah memastikan Anda dan keluarga memiliki perlindungan yang maksimal terhadap income Anda. Berangkat dari kesadaran untuk melindungi keluarga sendiri dari resiko kehidupan dan bencana keuangan, saya bertransformasi menjadi seorang Life Changer Allianz. Saya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah saya dalam menjalankan profesi saya sebagai seorang Life Changer Allianz, mengedukasi masyarakat akan pentingnya Proteksi Income dan Aset, demi keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Natanael Financial Consultan 08113436830 Phone/WA Email: natanael.albertus@gmail.com

One thought on “Panduan Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

  1. Pingback: Panduan Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik | Perlindungan Keuangan Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s