Mau Dibantu 250 juta atau 500 juta? (Tentang Memilih Ilustrasi Asuransi Unit-link)

Saya baru dapat pencerahan setelah membaca artikelnya Bpk Asep Sopyan tentang Memilih ilustrasi asuransi unit link. Artikel ini membuat saya tersadar bahwa investasi merupakan berkat yang tidak ada jaminannya sedangkan asuransi merupakan kepastian karena sudah ada kesepakatan dan dijamin atau garansi.

Jika anda ditawari dua ilustrasi unit-link dengan kondisi seperti di bawah ini, mana yang akan anda pilih?

tabel-ilustrasi-a-dan-b1

Catatan:
UP jiwa (warisan) adalah manfaat yg diberikan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia sd usia 100 tahun.
CI100 (Critical Illness 100) adalah proteksi dari 100 kondisi kritis sejak tahap awal penyakit hingga usia 100 tahun.
ADDB (Accident Death and Disability Benefit) adalah proteksi cacat tetap atau meninggal dunia karena kecelakaan sd usia 65 tahun.
TPD (Total Permanent Disability) adalah proteksi cacat tetap total, baik karena sakit ataupun kecelakaan, sd usia 65 tahun.
Payor Benefit adalah pembebasan premi jika pemegang polis mengalami cacat tetap total atau penyakit kritis sd usia 65 tahun.

Jika anda mengalami suatu musibah, berapakah anda ingin dibantu: 250 juta atau 500 juta? Jika anda ingin memberikan warisan kepada anak-anak anda, berapa yang ingin anda wariskan: 250 juta atau 500 juta? Jika dua pertanyaan itu diajukan kepada saya, jelas saya akan pilih mendapat bantuan 500 juta daripada 250 juta, dan memberikan warisan 500 juta ketimbang 250 juta. Bagaimana dengan anda?Mungkin ada yang bertanya, bagaimana dengan investasinya? Ilustrasi A lebih besar nilai investasinya daripada ilustrasi B.

Ilustrasi A nilai investasinya terus berkembang meskipun setop bayar setelah 10 tahun, sedangkan ilustrasi B nilai investasinya habis meskipun bayar terus. Betul, tapi saya tetap pilih ilustrasi B. Mengapa?

1.Nilai investasi tidak dijamin, sedangkan saya butuh proteksi yang dijamin. Belumtentu ada nilai 31 juta di 5 tahun mendatang, belum tentu ada uang 889 juta di 40 tahun mendatang. Sedangkan nilai 500 juta adalah dijamin.

2.Investasi butuh waktu, sedangkan yang namanya risiko bisa datang kapan saja. Bisa dilihat di tabel di atas, nilai 31 juta baru diperoleh setelah 5 tahun, dan nilai 889 juta baru diperoleh setelah 40 tahun, itu pun jika asumsi investasinya terpenuhi. Sedangkan nilai uang 500 juta,tidak perlu waktu lama, segera siaga begitu polis disetujui. Khusus manfaat penyakit kritis, ada masa tunggu 90 hari dari tanggal polis disetujui, tapi ini pun bukan waktu yang lama.

3. Asuransi itu proteksi (perlindungan kekayaan), bukan investasi (pengembangan kekayaan). Meskipun produk ini berjenis unit-link yang ada investasinya, tetap saja tujuannya asuransi. Jika saya ingin investasi, saya akan melakukannya di instrumen lain yang murni untuk asuransi, bukan melalui produk asuransi.

Mungkin ada yang khawatir dengan polis lapse karena di ilustrasi B nilai investasinya akan habis selewat tahun ke-30, meskipun premi bayar terus. Bagaimana kalau itu terjadi? Saya tetap pilih ilustrasi B. Mengapa?

1.Waktu 30 tahun lagi itu masih lama, padahal saya butuh proteksi sebesar mungkin sejak sekarang dengan kemampuan yang ada saat ini.

2.Asuransi itu biaya. Kalaupun preminya hangus, saya tak keberatan.

3.Seiring waktu, penghasilan saya pun mestinya telah meningkat. Jadi saya tak akan kesulitan melakukan top up supaya polis tetap berlanjut.

4.Seiring waktu, kebutuhan proteksi saya pun pasti telah bertambah, bukan lagi 500 juta. Mungkin dalam 5 atau 10 tahun kemudian, saya butuh menambah nilai proteksi polis.

5.Nilai investasi habis bisa dicegah dengan melakukan top up tunggal, atau dibiarkan saja pun tak apa-apa. Sepanjang saya membayar biaya asuransinya (tabarru), saya tetap mendapatkan proteksi. Demikian, semakin Banyak Membantu, Semakin Banyak Dibantu.

Ilustrasi A dan ilustrasi B preminya sama-sama 700 ribu per bulan. Tapi orang yang memilih ilustrasi B akan mendapat bantuan 500 juta seandainya mengalami penyakit kritis, kecelakaan, atau cacat total, dan ahli warisnya akan memperoleh 500 juta seandainya dia dipanggil Tuhan. Sedangkan orang yang memilih ilustrasi A, bantuan yang diterimanya dan warisan yang diberikannya lebih kecil yaitu sebesar 250 juta.

Mengapa orang yang memilih ilustrasi B bisa mendapat bantuan yang lebih besar?Jawabannya tidak lain karena dia pun membantu lebih besar. Asuransi dibangun dengan prinsip saling membantu di antara sesama peserta. Orang yang membantu lebih besar untuk para peserta lainnya, dia berhak memperoleh bantuan yang lebih besar pula.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized on by .

About natanaelalbertus

Kepuasan terbesar saya adalah memastikan Anda dan keluarga memiliki perlindungan yang maksimal terhadap income Anda. Berangkat dari kesadaran untuk melindungi keluarga sendiri dari resiko kehidupan dan bencana keuangan, saya bertransformasi menjadi seorang Life Changer Allianz. Saya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah saya dalam menjalankan profesi saya sebagai seorang Life Changer Allianz, mengedukasi masyarakat akan pentingnya Proteksi Income dan Aset, demi keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Natanael Financial Consultan 08113436830 Phone/WA Email: natanael.albertus@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s