Golongan Darah Ada Kaitannya dengan Penyakit Jantung?

Orang dengan golongan darah tertentu memiliki kecenderungan memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit tertentu, seperti serangan jantung. Lalu, golongan darah yang seperti apa?

Perbedaan golongan darah ternyata tidak hanya dirasakan saat akan melakukan tranfusi darah. Lebih dari itu, golongan darah yang berbeda ternyata berkaitan dengan risiko mengalami penyakit tertentu. Ahli Epidemiologi dari National Institute of Health (NIH), AS, menemukan bila orang dengan golongan darah tertentu memiliki kecenderungan memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit tertentu, seperti serangan jantung. Lalu, golongan darah yang seperti apa?

Studi terbaru yang diakukan oleh NIH berhasil mengungkapkan bila orang dengan golongan darah A, AB dan B memiliki kemungkinan mengalami 5 jenis penyakit jantung. Hal tersebut bila dibandingkan dengan orang yang memiliki golongan darah O. Selain itu, harapan hidup orang bergolongan darah O juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan golongan darah lainnya, berdasarkan hasil studi tersebut.

Meski begitu, bukan artinya orang yang bergolongan darah O tidak lagi khawatir. Hal ini karena, risiko mengalami penyakit jantung tidak hanya dipengaruhi oleh golongan darah. Ada faktor lain yang juga bisa memicu terjadinya penyakit tersebut, seperti olahraga dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dr. Arash Etemadi, selaku pemimpin riset epidemiologi dari NIH, menjabarkan hasil penelitiannya di Iran.

Dalam penelitiannya, Dr. Arash mengumpulkan data dari 50.000 orang berusia menengah dan lanjut di timur laut negara Iran. Penelitian yang dilakukan selama tujuh tahun tersebut, membuahkan hasil jika 15 persen orang bergolongan darah selain O lebih dimungkinkan meninggal akibat penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian ini juga meminta data kadar kolesterol, kadar glukosa dan tekanan darah dari masing-masing responden. Hasilnya, orang dengan golongan darah A cenderung memiliki tingkat kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi.

Selain itu, orang yang bergolongan darah selain O, juga memiliki kecenderungan membentuk pembekuan darah. Hal inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu, tumbuhkan kesadaran diri untuk mulai menjalani gaya hidup sehat sejak dini. Mulai terapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup dan menjauhi stres. Tidak hanya pola hidup yang sehat tetapi Anda juga perlu memiliki perlindungan diri mulai dari sekarang.

Dengan kehadiran Asuransi akan membantu Anda memberikan perlindungan kepada diri Anda dan keluarga.  Hidup pun akan lebih tentram dengan pola hidup sehat serta perlindungan diri maupun keluarga lebih terjamin hingga saat Anda harus meninggalkan mereka.

(sumber: http://www.allianz.co.id)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s