Mengenal Penyebab Stroke

Terkena Stroke merupakan momok yang sangat menakutkan bagi para penderita hipertensi. Sebenarnya tidak terbatas hanya ke orang orang yang menderita hipertensi, tetapi stroke juga dapat menyerang siapapun juga termasuk yang mengidap memiliki kolestrol tinggi maupun penderita diabetes. Stroke merupakan salah satu penyakit kritis yang dicover oleh asuransi penyakit kritis Allianz baik CI, CI+ maupun CI100. Jadi apabila anda sudah memiliki asuransi tapro Allianz dengan manfaat sakit kritis, anda sudah boleh merasa tenang dan lega. Bagi anda yang belum memiliki manfaat perlindungan sakit kritis, disarankan untuk anda segera memiliki nya sekarang juga.

Bukan berarti dengan memiliki asuransi sakit kritis, maka anda akan terhindar dari serangan stroke. Bukan begitu, tetapi setidaknya dengan memiliki asuransi sakit kritis baik CI, CI+ atau CI100, anda tidak akan menghabiskan biaya yang sangat besar untuk berobat di kala anda terkena stroke. Mungkin anda berpikir, well, jika sudah kena stroke ya tidak usah diobati lagi. Toh sudah tidak bisa ngapa ngapain juga dan kemungkinan sembuhnya sangat kecil.

Memang benar, namun di saat anda sudah terkena stroke, apalagi stroke berat. Tentunya anda sudah tidak mampu lagi ngapa ngapain kan. Bahkan untuk makan atau buang air saja anda butuh bantuan orang lain kan. Anda juga tidak bisa untuk berpindah tempat secara mandiri dari satu tempat ke tempat lainnya. Menurut anda apakah anda tidak membutuhkan biaya sama sekali setelah terkena stroke? Jika anggota keluarga anda menggaji seorang perawat untuk mengurus segala keperluan anda setiap harinya, tentunya perlu uang untuk mempekerjakan perawat itu bukan?

Selain itu selama anda stroke pasti juga ada obat obatan yang perlu anda konsumsi secara rutin. Mungkin anda juga rutin konsultasi dan kontrol ke dokter setiap minggu atau setiap bulan untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda. Itu semua butuh uang kan?

Jadi sangat penting bagi kita untuk memperlengkapi diri dengan asuransi Tapro Allianz yang memiliki manfaat penyakit kritis. Untuk berjaga jaga apabila suatu saat mungkin kita bisa terserang stroke. Jangan beranggapan bahwa stroke hanya bisa menyerang orang orang paruh baya saja. Usia 30 atau 40 juga bisa terkena stroke. Jika anda memutuskan untuk masuk asuransi Allianz, di saat anda sudah memasuki usia paruh baya, boleh dikatakan sudah agak terlambat. Selain anda nantinya membayar harga premi yang lebih mahal, UP manfaat yang anda dapatkan juga tidak maksimal jika anda masuknya telat.

Usia paling bagus untuk mulai masuk asuransi Tapro Allianz adalah di usia 20 an, sejak anda telah mulai bejerka dan bisa menghasilkan uang sendiri. Jika anda belum mampu masuk dengan premi yang tinggi, anda bisa mulai dari premi yang murah dahulu, mungkin sekitar Rp 500.000 per bulan. Seiring dengan peningkatan penghasilan anda, anda bisa mulai upgrade premi anda untuk memperoleh manfaat yang lebih tinggi.

Setidaknya di awal, anda sudah tercover asuransi. Tidak perlu menunggu sampai sudah berusia agak tua baru mulai berpikir untuk ikut asuransi. Sangat beresiko sekali jika anda berpikir seperti itu karena belum tentu kondisi kesehatan anda masih sehat seperti sekarang ini. Jika nantinya anda sudah keburu terserang penyakit tertentu seperti diabetes, kolestrol tinggi, hipertensi, tentunya agak sulit bagi anda untuk masuk asuransi lagi.

Pihak asuransi bisa menolak pengajuan anda nantinya jika anda sudah menderita penyakit. Berapapun uang yang anda miliki saat itu, tidak akan ada guna nya lagi. Anda tidak bisa memaksa atau menyogok perusahaan asuransi untuk menerima anda. Hal ini bukan hanya berlaku di Allianz, bahkan semua perusahaan asuransi akan menolak anda menjadi nasabah mereka apabila kondisi kesehatan anda sudah tidak sehat atau anda sudah mengidap penyakit tertentu.

Sebelum kita belajar tentang cara untuk mencegah penyakit stroke, ada baiknya kita mengetahui apa itu penyakit stroke. Penyakit stroke adalah rusaknya atau tidak berfungsinya pembuluh darah atau jaringan di otak.

Lantas, apa penyebabnya? penyebabnya bisa dikarenakan merokok, tekanan darah tinggi, stroke sebelumnya, diabetes, kolesterol tinggi, usia, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol gemar mengkonsumsi makanan cepat saji.

Sebagian orang tidak tahu bagaimana mencegah penyakit yang satu ini. Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan semua orang.

1. Makanan sehat

Cara pertama adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Perhatikan makanan yang akan anda konsumsi, pilih makanan yang sehat seperti sayuran dan buah, anda juga harus membatasi makanan yang manis, daging dan berlemak karena bisa menyebabkan Stroke dikemudian hari.

2. Berhenti merokok

Kita semua tahu rokok tidak sehat bagi tubuh kita, didalam bungkus rokok pun tertulis jelas penyakit-penyakit yang disebabkan karena rokok. Jika anda ingin terhindar dari penyakit strok ataupun penyakit lainnya, mulai sekarang berhentilah merokok.

3. Olah raga

Olah raga rutin minimal 3 kali seminggu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Aliran darah  menjadi lancar dan tubuh akan selalu bugar, ini akan mencegah tubuh terserang resiko penyakit stroke.

4. Berhenti minum alkohol

Minuman alkohol selain memabukan minumam ini bisa menyebabkan resiko penyakit stroke. Hindarilah minuman yang beralkohol, cintailah tubuh anda.

5. Menjaga berat badan

Berat badan berlebihan, terlalu gemuk, berhati-hatilah stroke bisa disebabkan karena berat badan yang berlebihan.Lakukanlah diet, supaya berat badan anda normal kembali.

Hipertensi atau penyakit karena tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang tidak menular, namun mudah menyerang siapa saja. Di antara pria dan wanita, menurut penelitian, wanita yang paling besar potensinya mengalami hipertensi. Menurut data tahun 2013 dari Riset Kesehatan Dasar menyebutkan usia delapan belas tahun ke atas yang mengalami hipertensi di Indonesia sebanyak 25,8%. Angka tersebut terbilang tinggi dan sebaiknya dihindari agar tidak mengalami peningkatan. Bagaimana caranya? Yaitu, dengan mencegah hipertensi sejak dini. Ada lima cara pencegahan hipertensi dini yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

Batasi Konsumsi Garam

Maksud dari membatasi konsumsi garam bukan berarti Anda yang suka mengkonsumsi langsung garam. Batasi konsumsi garam adalah dengan membatasi mengkonsumsi olahan makanan yang dicampur dengan garam dan dominan dengan rasa asin. Kadar garam yang tinggi dapat mengganggu kelancaran dari aliran darah di dalam tubuh. Sehingga agar hipertensi tidak menyerang, sejak dini batasi konsumsi garam Anda.

Batasi Konsumsi Kafein

Senyawa kafein identik terkandung dalam minuman kopi. Senyawa kafein sendiri memiliki efek yang baik dan kurang baik. Tergantung dari kebiasaan Anda mengkonsumsi minuman berkafein. Guna mencegah hipertensi sejak dini, sebaiknya batasi konsumsi kafein. Senyawa kafein yang terlalu banyak masuk ke tubuh sama seperti kadar garam, mengganggu aliran darah. Sehingga menyebabkan hipertensi. Perlu diketahui jika senyawa kafein yang Anda konsumsi sudah berlebihan, maka tidak sekadar menyebabkan hipertensi, namun juga mengarah pada serangan jantung.

Mengontrol Porsi Makan Harian

Kegemukan yang mengarah pada obesitas juga dapat menyebabkan hipertensi. Pencegahan hipertensi sejak dini dapat Anda lakukan dengan mengontrol porsi makan harian. Sebab jika berat badan tidak terkontrol, maka timbunan lemak akan mengganggu jalannya aliran darah. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai sekarang membatasi apa saja yang hendak dikonsumsi. Atur pola makan Anda dengan memperhatikan antara prosi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Olahraga Teratur Menyehatkan Jantung

Cegahlah hipertensi sejak dini dengan cara yang sangat mudah. Dengan olahraga teratur, maka aliran darah akan lancar. Ketika aliran darah lancar, maka imbasnya juga terasa pada jantung yang lebih sehat. Olahraga melatih otot dan pergerakan aliran darah agar lebih lancar. Sehingga hipertensi tidak akan terjadi dan tubuh Anda selalu sehat setiap hari.

Hindari Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Tanpa disadari oleh orang yang hobi melakukan, merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol memang tampak biasa-biasa saja. Namun, dampak negatifnya berlangsung perlahan demi perlahan. Salah satunya adalah hipertensi. Senyawa nikotin pada rokok dan senyawa alkohol jelas membuat tubuh semakin mengarah tidak sehat. Senyawa nikotin dan senyawa alkohol membuat aliran darah terganggu. Terlebih senyawa nikotin yang semakin menumpuk pada dinding pembuluh darah. Bukan kebiasaan yang sehat ketika Anda merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Untuk itu, sejak dini sebelum terlambat cegah dan hindari kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sehat itu memang mudah, namun bukan berarti untuk diremehkan. Ketika Anda mengabaikan kesehatan, banyak risiko penyakit yang datang menyapa. Seperti penyakit hipertensi yang terbilang sebagai penyakit umum dan berbahaya. meskipun tidak menular, hipertensi akan mengarah pada penyakit-penyakit lainnya. Untuk itu, cegah sebelum terlambat dengan lima pencegahan hipertensi sejak dini seperti yang sudah disebutkan di atas. Lebih tepat lagi, apabila anda segera beli asuransi Allianz yang telah dilengkapi dengan manfaat asuransi penyakit kritis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s