Apakah Tumor dan Kanker itu Sama?

Apakah tumor dan kanker itu sama? Tumor dan kanker merupakan dua penyakit yang berbeda?

Tumor adalah pertumbuhan jaringan tubuh dimana terjadi proliferasi yang abnormal dari sel-sel. Sinonim dari kata tumor adalah neoplasma. Tumor berupa massa padat atau berisi cairan yang ukurannya membesar. Arti tumor tidak sama dengan kanker. Kanker adalah sebuah keganasan sedangkan tumor ada yang bersifat jinak, ganas, atau tanpa potensi kanker apapun.

Tumor terjadi ketika sel membelah dan tumbuh berlebihan dalam tubuh. Sel-sel baru diciptakan untuk menggantikan yang lebih tua atau untuk melakukan fungsi-fungsi baru. Sel yang rusak atau tidak diperlukan lagi mati untuk membuat ruang untuk pengganti yang sehat. Jika keseimbangan pertumbuhan sel dan kematian sel terganggu, maka akan terbentuklah apa yang dinamakan tumor.

Perbedaan Tumor Jinak dan Tumor Ganastumor-testis
Tumor Jinak
Istilah “jinak” sama dengan “benigna” yang artinya ringan atau tidak progresif. Dikatakan tumor jinak jika gangguan proliferasi sel-sel ini tidak menyerang jaringan di dekatnya atau menyebar ke bagian lain dari tubuh, istilahnya adalah metastasis. Dalam kebanyakan kasus, prognosis tumor jinak sangat baik. Namun tumor jinak bisa menjadi hal yang serius jika mereka terdapat pada struktur vital seperti pembuluh darah atau saraf. Oleh karena itu, terkadang tumor jenis memerlukan pengobatan dan kadang juga tidak.

Tumor jinak biasanya dikelilingi oleh selubung fibrosa (kapsul) yang menghambat kemampuan mereka untuk berperilaku ganas. Meskipun demikian, banyak jenis tumor jinak memiliki potensi untuk menjadi ganas, seperti teratoma.

Tumor Ganas
Kata “ganas” sama dengan “maligna” yang berarti buruk dan berpotensi mematikan dengan karakteristik anaplasia, invasif dan metastasis. Tumor ganas adalah kanker, dan kanker belum tentu berbentuk tumor, di mana sel-sel kanker dapat menyerang dan merusak jaringan dan organ dekat tumor (invasif). Sel-sel kanker dapat melepaskan diri dari tumor ganas dan memasuki sistem limfatik atau aliran darah. Kanker menyebar dari tumor asli untuk membentuk tumor baru di bagian lain dari tubuh, istilahnya adalah metastasis. Perbedaan lainnya dengan tumor jinak, kebanyakan tumor ganas tidak berkapsul.

Secara khusus, sel-sel tumor ganas mungkin memiliki perubahan bentuk sel yang berkontribusi terhadap cepaatnya proliferasi mereka. Banyak sel-sel ganas juga memiliki kromosom abnormal atau gen berubah, dan mereka memproduksi protein abnormal. Banyak perubahan dari sifat sel pada sel-sel ganas memungkinkan ahli patologi, untuk menentukan proses yang disebut “Staging” tumor.

Apakah kanker itu?

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Ada 7 gejala yang perlu diperhatikan dan diperiksakan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kanker, yaitu:

  1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
  3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh
  4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin besar dan gatal.
  6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

kanker-penyakit-mahalKebanyakan kanker sering dikatakan sebagai tumor, padahal pada dasarnya tidak semua tumor itu kanker.

Persamaan Tumor dan Kanker

  • Tumor dan kanker sama-sama berbentuk benjolan atau gumpalan.
  • Dapat tumbuh dan menyerang pada bagian tubuh manapun
  • Menyerang semua golongan tanpa memandang usia maupun jenis kelamin.
  • Keduanya diakibatkan oleh sel yang mengalami perubahan struktur genetika (mutasi)
  • Menimbulkan pembengkakan pada jaringan tubuh dan sifatnya merusak.

Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor

  • Pertumbuhan yang terbilang lambat
  • Adanya Benjolan yang mempunyai selaput atau kantung yang menyelimutinya
  • Sel-sel yang tumbuh dengan bentuk yang sama seperti sel sebelumnya
  • Ketika pertumbuhannya bertambah besar tidak merusak jaringan di sekitarnya
  • Sel tumor tidak dapat menyebar dan menyerang ke jaringan organ lain
  • Mengangkat tumor sekaligus selaputnya dengan melakukan tindakan operasi Tindakan operasi.
  • Untuk pembedahan atau operasai tumor dapat menyelesaikan masalah dan biasanya tidak memerlukan terapi lanjutan

Kanker

  • Kanker bisa disebut juga dengan tumor ganas
  • Pertumbuhan sel terbilang cepat
  • Benjolan yang terjadi tidak diselimuti dengan selaput atau kantung
  • Sel-selnya tumbuh dengan bentuk yang berbeda dengan sel asal
  • Bertambah besar dengan merusak jaringan di sekitarnya
  • Sel kanker dapat lepas mengikuti aliran darah dan kelenjar limfe kemudian tumbuh di organ lain (menyebar)
  • Tindakan operasi hanya  mengangkat benjolan yang terlihat
  • Sel-sel yang kemungkinan lepas dan menyebar melalui pembuluh darah ataupun kelenjar limfe dimatikan dengan kemoterapi, radiasi, dan terapi lain.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa tidak semua tumor bersifat kanker ganas. Jadi jangan terlalu cemas apabila terjadi benjolan pada sekitar tubuh, namun harus tetap secepat mungkin periksakan diri ke dokter atau bisa melakukan antisipasi dan penanganan dini dengan membeli asuransi penyakit kritis ci100 dari Allianz di saat kondisi dan keadaan tubuh anda masih sehat.

sakit-kritis

Jangan tunggu sampai sudah ada benjolan atau sudah ada ciri ciri bahwa anda kemungkinan terkena tumor atau kanker baru anda sibuk mau beli asuransi karena pada saat itu sudah terlambat. Jika sudah sakit maka Anda sudah tidak bisa beli asuransi lagi. Perusahaan asuransi manapun akan menolak pengajuan anda jika anda beli asuransi setela anda terkena kanker atau tumor.

Anda juga tidak mungkin berbohong kepada pihak asuransi karena mereka bisa melakukan investigasi atas kondisi kesehatan anda. Jika ketahuan anda berbohong tentang kondisi kesehatan anda yang sebenarnya pada saat anda mendaftar asuransi, bisa bisa klaim anda tidak akan dibayarkan nantinya.

Jadi daripada berbohong tentang kondisi kesehatan anda yang sebenarnya, yuk, mulai berasuransilah sejak dini dan disaat kondisi tubuh masih sehat dan belum ada sakit penyakit yang diderita.

Usia 20 an atau 30 an adalah usia yang paling tepat untuk mulai memiliki asuransi penyakit kritis Allianz. Selain premi nya masih murah sekali, manfaat uang pertanggungan/ santunan yang bisa diperoleh di saat terjadi klaim apabila terdiagnosa kanker juga jumlahnya sangat besar, mencapai Rp 2 Miliar tanpa perlu melakukan Medical Cek Up.

Nikmati Ongkos Kirim GRATIS apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agen Asuransi Allianz Berlisensi. 

Natanael

HP 08113436830 (WA)

email: natanael.albertus@gmail.com

 

sumber: https://www.jevuska.com/2012/11/30/tumor-jinak-tumor-ganas/

http://yayasankankerindonesia.org/tentang-kanker/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s