Sudahkah Anda Ketahui Produk Asuransi Jiwa Syariah yang Ada di Indonesia

Masyarakat Indonesia sudah cukup banyak yang sudah memahami mengenai apa itu produk asuransi, baik produk asuransi konvensional maupun produk asuransi syariah. Hal ini setelah saya survei dengan menanyakan masyarakat saat antre bus di halte, menunggu tiket pesawat, atau kereta api.
Namun, masih banyak juga yang belum memahami mengenai produk asuransi, utamanya produk asuransi jiwa syariah. Bahkan banyak yang bingung dalam memilih asuransi jiwa secara online. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui

Hakikat Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan pengaturan pengelolaan risiko yang memenuhi ketentuan syariah, tolong menolong secara mutual, yang melibatkan peserta dan operator. Asuransi syariah ini adalah sebuah sistem di mana para peserta mendonasikan sebagian atau seluruh premi yang mereka bayar untuk digunakan membayar klaim atas musibah yang dialami oleh sebagian peserta. Proses hubungan peserta dan perusahaan dalam mekanisme pertanggungan pada asuransi syariah adalah sharing of risk atau saling menanggung risiko.
Apabila terjadi musibah, maka semua peserta asuransi syariah saling menanggung. Dengan demikian, tidak terjadi transfer risiko dari peserta ke perusahaan seperti pada asuransi konvensional. Peranan perusahaan asuransi pada asuransi syariah terbatas hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta.
Jadi pada asuransi syariah, perusahaan hanya bertindak sebagai pengelola operasional saja, bukan sebagai penanggung seperti pada asuransi konvensional.

Alasan Masyarakat Memilih Asuransi Syariah

Pada dasarnya, manfaat dan santunan asuransi pada produk asuransi jiwa syariah tidak jauh berbeda dengan produk konvensional. Hanya saja, produk asuransi syariah menggunakan prinsip-prinsip syariah terhadap zat dan jenis transaksi di dalam muamalah.
Tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk memilih asuransi syariah. Jadi, apa saja alasan masyarakat memilih asuransi syariah?
  1. Asuransi syariah diawasi oleh dewan pengawas syariah (DPS) sehingga pengawasan terjaga dengan baik.
  2. Sistem yang dijalankan asuransi syariah adalah tolong menolong.
  3. Jika dipelajari lebih dalam, konsep asuransi syariah jauh lebih rinci.
  4. Dana asuransi syariah sepenuhnya hak peserta.
  5. Nasabah lebih nyaman karena tidak mengenal sistem dana hangus.
  6. Sistem bagi hasil dalam asuransi syariah lebih adil dan menguntungkan kedua belah pihak.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Secara Online

Berikut ini merupakan 5 tips untuk membantu Anda ketika memilih asuransi jiwa secara online.
1. Pertimbangkan Asuransi Jiwa Sesuai Kebutuhan
Dalam memilih asuransi jiwa secara online, pertama Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan di masa depan serta premi yang Anda mampu untuk bayar. Dengan mengetahui informasi ini lebih awal akan membantu Anda menentukan asuransi mana yang sesuai, jumlah cakupan serta hal lainnya terkait asuransi jiwa terbaik pilihan Anda.
2. Mencari Informasi Mengenai Cakupan yang di Dapat
Ada baiknya Anda mengetahui segala informasi sedalam mungkin mengenai asuransi jiwa tersebut. Anda perlu mengetahui semua cakupan atau jaminan yang akan Anda dapatkan. Anda juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Karena dengan mengetahui hal ini, Anda tidak akan khawatir mendapat asuransi yang mengecewakan.
3. Perbandingkan Beberapa Asuransi Jiwa
Setiap perusahaan asuransi mempunyai visi dan prinsip masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui seluk-beluk beberapa asuransi terbaik tersebut. Bandingkan apakah asuransi jiwa tersebut terbaik bagi proteksi dan kebutuhan Anda.
4. Periksa Keamanan dan Privasi
Anda perlu mengetahui seberapa ketat keamanan dan kerahasiaan dijaga oleh asuransi perusahaan tersebut. Anda tentu tidak ingin jika ada yang mengakses data pribadi Anda atau hal-hal merugikan lainnya terjadi jika keamanan tidak terjaga. Ini merupakan tips penting memilih asuransi jiwa secara online yang kadang dilupakan orang.
5. Menggali Informasi dari Berbagai Pihak
Untuk mengetahui seberapa meyakinkan perusahaan asuransi jiwa tersebut untuk Anda pilih, galilah informasi dari berbagai pihak. Misalnya, tanyakan pada rekan kerja atau dari kerabat. Ini untuk meninjau citra perusahaan asuransi jiwa tersebut serta menghindari pilihan yang salah.

Produk Asuransi Jiwa Syariah di Tanah Air

Berikut ini merupakan produk asuransi jiwa syariah di tanah air yang perlu Anda ketahui:
1. Asuransi Jiwa Murni (Al Khairat)
Asuransi jiwa murni atau takaful al-khairat merupakan suatu suatu bentuk perlindungan yang manfaat proteksinya diperuntukkan bagi ahli waris apabila pemegang polis ditakdirkan meninggal dalam masa perjanjian.
2. Asuransi Jiwa Plus Kesehatan (Falah)
Produk asuransi yang satu ini dirancang secara khusus bagi peserta yang menginginkan manfaat asuransi secara menyeluruh termasuk juga dana santunan harian selama peserta rawat inap di rumah sakit serta manfaat bila peserta mengalami atau menderita penyakit-penyakit kritis.
Dengan mengetahui ulasan di atas, Anda akan lebih paham dan lebih bijak dalam memilih asuransi bagi Anda dan keluarga. Tips memilih asuransi jiwa secara online akan membantu Anda ketika hendak mendaftar asuransi secara online.
Ingin konsultasi atau buka polis Asuransi Syariah Allianz,
Hubungi Natanael, agen allianz star network
HP. 08113436830 (SMS/WA/Call)
sumber: https://www.futuready.com/artikel/asuransi-proteksi/sudahkah-anda-ketahui-produk-asuransi-jiwa-syariah-yang-ada-di-tanah-air
Advertisements

5 thoughts on “Sudahkah Anda Ketahui Produk Asuransi Jiwa Syariah yang Ada di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s