Sejarah Asuransi Kesehatan di Indonesia

Sejarah Askes Sebagai Asuransi Kesehatan di Indonesia

Askes Persero atau yang lebih dikenal dengan BPJS merupakan salah satu asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang dikelola oleh negara. Dahulu Askes didirikan oleh pemerintah pada tahun 1968 dengan tujuan sebagai jaminan pemeliharaan kesehatan yang ditujukan untuk pegawai negeri termasuk pensiunannya, ABRI, beserta dengan seluruh anggota keluargannya dan lebih dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan Nasional.

Supaya peningkatan derjat kesehatan masyarakat bisa terjadi, pada tahun 1984, pemerintah mengeluarkan sebuah peraturan yang berisi penerima layanan kesehatan adalah PNS, ABRI, dan pejabat negara dengan seluruh anggota keluarganya sekaligus mengubah nama Asuransi Kesehatan Nasional menjadi Perusahaan Umum Husada Bhakti.

Sebagai salah satu daftar asuransi kesehatan di Indonesia, pada tahun 1992, status perusahaan umum atau perum diubah menjadi Perusahaan Perseroan atau PT. Persero dengan beberapa pertimbangan seperti fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan serta adanya kontribusi pemerintah yang bernegosiasi bahwa persero harus melakukan kepentingan pelayanan kepada peserta asuransi dan membuat manajemen menjadi lebih mandiri.

Lalu pada tahun 2005, menteri kesehatan menunjuk PT. Askes persero sebagai penyelenggara sebuah program jaminan kesehatan yang dikhususkan bagi masyarakat yang tidak mampu. Askes bertugas untuk mengelola sistem keanggotaan serta pelayanan dasar kesehatan beserta rujukannya.

Sebagai salah satu jenis asuransi kesehatan di Indonesia, Askes berusaha memfokuskan badan usaha mereka untuk membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa merasakan pelayanan yang sama. Namun pada tahun 2008, Askes berubah nama menjadi Jamkesmas yang berarti Jaminan Kesehatan Masyarakat.

Jamkesmas memiliki beberapa prinsip dalam menjalankan sistemnya seperti pelayanan kesehatan dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, prinsip yang dijalankan mengacu pada asuransi kesehatan sosial, serta diselenggarakan di seluruh Indonesia secara serentak dengan asas gotong royong sehingga dapat terjadi subsidi silang. Pengelolaanya pun dilakukan secara transparan dan hati-hati.

Asuransi Kesehatan di Indonesia: Dari Askes ke BPJS

Walaupun dalam sejarah asuransi kesehatan di Indonesia, Askes sudah berjalan cukup lama dalam melayani jaminan kesehatan masyarakat selama bertahun-tahun, Askes juga memiliki anak perusahaan yaitu PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia atau yang sering dikenal dengan nama AJII pada tahun 2008.

Namun baru di tahun 2009, AJII mendapatkan ijin operasionalnya dan bisa melakukan penyelenggaraan asuransi kesehatan bagi masyarakat. Terkait dengan adanya sistem jaminan sosial nasional di tahun 2011, maka pemerintah resmi menunjuk Askes sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang menjamin dan mengcover seluruh kesehatan masyarakat Indonesia sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Sifat dari kepesertaan BPJS adalah wajib baik bagi warga Indonesia maupun warga asing yang sudah menetap selama 6 bulan. Setiap peusahaan di Indonesia juga wajib mendaftarkan karyawannya menjadi anggota BPJS dengan membayar iuran wajib setiap bulannya sesuai dengan perhitungan.

Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi karyawan dari sektor formal, tapi juga pekerja informal atau lepas. Para karyawan wajib mendaftarkan dirinya untuk memperoleh jaminan kesehatan dan membayar iuran sesuai dengan manfaat dan keuntungan yang diinginkan.

Semoga informasi mengenai asuransi kesehatan di Indonesia khususnya tentang sejarah Askes bisa membantu Anda dalam menambah pengetahuan dan juga sebagai referensi dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang tepat.

Jika anda saat ini sedang mencari asuransi kesehatan yang sesuai bagi anda dan anggota keluarga, asuransi kesehatan Allianz dapat menjadi alternatif pilihan yang paling tepat. Allianz menyediakan asuransi kesehatan yang paling lengkap, mulai dari premi termurah sampai yang termahal. Murah mahalnya premi ini tentunya akan berpengaruh terhadap manfaat yang akan diterima nantinya.

Anda mau asuransi kesehatan yang menyediakan kartu cashless yang dapat digunakan di rumah sakit rekanan Allianz, ada. Anda ingin mencari asuransi kesehatan yang sifatnya santunan harian rawat inap rumah sakit yang bisa double claim, juga ada di Allianz.

Anda mau asuransi kesehatan yang memberikan santunan dalam bentuk uang tunai dalam jumlah besar saat anda terdiagnosa penyakit kritis seperti kanker, gagal ginjal, stroke, serangan jantung, dll, ada juga.

Bahkan jika anda menginginkan asuransi rawat inap rumah sakit yang mengcover semua biaya selama anda dirawat inap sesuai tagihan alias ditanggung 100%, di Allianz juga ada.

Apabila anda mau melakukan proses klaim rawat inap rumah sakit secara reimburse, prosesnya ternyata juga cukup mudah dan sederhana jika anda menggunakan asuransi Allianz. Cukup download dan install saja aplikasi Allianz Eazy Claim ke ponsel anda yang berbasis android maupun IOS. Setelah itu bagi anda yang telah memiliki polis asuransi kesehatan Allianz, anda perlu register terlebih dahulu sebelum anda dapat menggunakan aplikasi ini.

Dengan menggunakan Allianz Eazy Claim ini, nasabah asuransi kesehatan Allianz akan dimanjakan karena mereka dapat melakukan klaim perawatan rumah sakit tanpa perlu mengirim formulir klaim secara fisik.Tetapi semua formulir klaim dan kwitansi rumah sakit serta hasil diagnosa semua nya dapat difoto melalui aplikasi Allianz Eazy Claim tersebut yang kemudian diterima oleh divisi klaim di kantor pusat Allianz secara online. Canggih sekali kan?

Jadi asuransi kesehatan seperti apa yang anda cari dan sesuai dengan kebutuhan anda? Di Allianz semuanya ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s