Manfaat Asuransi Sakit Kritis dari Tapro Allianz

Orang boleh saja memiliki banyak polis asuransi, tapi jika belum ada proteksi penyakit kritis di dalamnya, lalu dia terkena penyakit kritis, semua polis yang dia punya tidak akan membantu kecuali sedikit saja.

Termasuk jika dia punya asuransi kesehatan yang kelasnya sangat premium sekalipun, paling jauh yang diganti hanyalah sejumlah biaya sesuai tagihan rumah sakit. Bagaimana biaya kehidupan setelah itu, jika dia tidak bisa bekerja lagi, entahlah.

Contoh penyakit kritis antara lain segala jenis kanker, segala jenis penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, tumor otak, dan penyakit hati kronis. Semua penyakit tsb berkaitan dengan gaya hidup. Penyakit kritis juga bisa disebabkan kecelakaan, misalnya kelumpuhan, buta, tuli, koma, kerusakan organ tubuh penting, dan hilangnya kemandirian hidup. Untuk penyakit kritis yang disebabkan gaya hidup, kadang ada orang yang berkilah bahwa dirinya sehat-sehat saja. Tapi untuk penyakit kritis yang disebabkan kecelakaan, tentunya kesehatan tidak berpengaruh. Mungkin dia selalu berhati-hati, tapi bisa jadi orang lain yang ceroboh.

Penyakit kritis adalah satu di antara sedikit kejadian yang bisa mengubah hidup seseorang secara signifikan. Orang yang tadinya merokok, bisa berhenti merokok setelah terkena stroke. Orang yang sebelumnya tidak pernah berolahraga, bisa jadi rajin berolahraga ketika sudah mengalami serangan jantung. Orang yang tadinya suka makan sembarang makanan, akan selektif memilih makanan ketika sudah terkena kanker. Orang yang awalnya suka bekerja keras sampai larut malam, bisa berhenti total begadang dan harus mengurangi kerja kerasnya ketika sudah mengalami gagal ginjal.

Ketika saran dokter kurang ditanggapi dan nasihat keluarga kurang didengar, penyakit kritis bisa menjadi penasihat yang paling ampuh.

3 Produk Asuransi Penyakit Kritis di Tapro Allianz

Asuransi penyakit kritis terdapat sebagai rider (proteksi tambahan) pada produk Tapro (Allisya Protection Plus dan Smartlink Flexi Account Plus). Ada tiga rider penyakit kritis (Critical Illness [CI]) yang disediakan, yaitu CI Accelerated (CIA), CI+, dan CI100. CIA dan CI+ menanggung 49 penyakit kritis tahap lanjut, dengan perbedaan CIA masa perlindungannya sampai dengan usia 85 tahun dan klaimnya mengurangi UP jiwa dasar, sedangkan CI+ sampai dengan usia 70 tahun dan klaimnya tidak mengurangi UP jiwa dasar. Sementara itu, CI100 menanggung 100 kondisi penyakit kritis sejak tahap awal (early stage) dengan masa perlindungan hingga usia tertanggung mencapai 100 tahun.

Perbedaan dan persamaan tiga produk rider tersebut bisa dilihat di tabel ini:

No Keterangan CI Accelerated CI + CI 100
1 Jumlah penyakit yang ditanggung 49 penyakit 49 penyakit 100 kondisi penyakit
2 Tahap, jumlah penyakit, dan persentase klaim – Advanced: 48 (100%)– Angioplasti (10%) – Advanced: 48 (100%)– Angioplasti (10%) – Early: 32 (50% maks 500 juta)– Intermediate: 13 (100% maks 1M)

– Advanced: 48 (100%, maks 2M)

– Catasthropic: 5 (120%)

– Komplikasi diabetes (20%)

– Angioplasti (10%)

3 Klaim dan UP dasar Klaim mengurangi UP dasar Klaim tidak mengurangi UP dasar Klaim tidak mengurangi UP dasar
4 Usia masuk 1 sd 64 tahun 1 sd 64 tahun 5 sd 70 tahun
5 Masa perlindungan Sd usia 85 tahun Sd usia 70 tahun Sd usia 100 tahun
6 Survival period Tidak ada Tidak ada 7 hari
7 Masa tunggu dari tanggal berlaku polis atau pemulihan 90 hari 90 hari 90 hari
8 Biaya asuransi untuk perokok Sama saja Sama saja Perokok lebih mahal
9 Keunggulan utama – Biaya asuransi paling murah– Masa perlindungan cukup panjang sd usia 85 tahun – Klaim tidak mengurangi UP dasar– Tanpa survival period

– Biaya asuransi relatif murah dibanding kompetitor

– Menanggung mulai tahap awal penyakit (early ci)– Masa perlindungan panjang sd usia 100 tahun

– Klaim tidak mengurangi UP dasar

– Survival period 7 hari, paling singkat dibanding produk sejenis di kompetitor

         

 

Tentang CIA dan CI+, lebih lengkapnya bisa dibaca di SINI. Tentang CI100, bisa dibaca di SINI. Tentang perbedaan CI+ dengan CI100, bisa dibaca di SINI.

Penjelasan Istilah

Accelerated: dipercepat. Artinya klaim penyakit kritis pada rider CI Accelerated mengurangi uang pertanggungan dasar sehingga polis lebih cepat berakhir.

Survival period: masa bertahan hidup. CIA dan CI+ tidak mensyaratkan survival period. CI100 mensyaratkan survival period 7 hari, artinya sejak terdiagnosa penyakit kritis baru bisa diklaim setelah melewati 7 hari.

Saran Produk

Di antara tiga produk asuransi penyakit kritis di atas, mana yang paling disarankan? Tergantung kondisi tertanggung. Biasanya:

 

Contoh ilustrasi

Berapakah premi asuransi penyakit kritis? Jawabannya tergantung usia, jenis kelamin, dan uang pertanggungan yang diinginkan. Sebagai contoh saya buatkan ilustrasi Tapro Allisya Protection Plus dg UP jiwa 1 miliar ditambah UP CI+ 1 miliar, preminya 900 ribu per bulan untuk pria usia 30 tahun.

Ilustrasi tapro 900rb up 1M CI+ 1m usia 30

Contoh satu lagi dengan rider Ci100 UP 1M.

Ilustrasi tapro 1jt up 1M CI100 1m usia 30

Daftar 49 Penyakit Kritis pada Rider CIA dan CI+

FullSizeRender (6)

Daftar 100 Kondisi Penyakit Kritis pada Rider CI100

100 Ci 1

100 Ci 2

sumber: https://myallisya.com/2016/02/19/penjelasan-tentang-3-produk-rider-penyakit-kritis-di-tapro-allianz/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s