Dana Pensiun: Usia Berapakah yang Ideal Untuk Mempersiapkannya?

Apa itu dana pensiun? Kapan kita harus memulai melakukan perencanaan dana pensiun? simak penjelasan lengkap berikut ini

Apa yang dimaksud dengan dana pensiun?

Dana pensiun dikumpulkan sebagai persiapan saat kita memasuki usia pensiun dan digunakan untuk memastikan kebutuhan di masa pensiun tetap terpenuhi. Dana pensiun dapat dikumpulkan saat kita berada di usia produktif dan dapat dicairkan ketika memasuki masa pensiun atau saat kita sudah tidak produktif lagi.

Mempersiapkan dana pensiun sama seperti kita sedang menabung. Akan tetapi, dana pensiun memiliki manfaat lebih yang tidak dimiliki tabungan biasa. Misalnya,  manfaat pensiun normal, manfaat pensiun dipercepat, manfaat pensiun meninggal dunia dan juga manfaat pensiun cacat.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat menentukan dana pensiun yang dibutuhkan. Yaitu, durasi masa pembayaran iuran atau kontribusi, keadaan finansial yang dimiliki, dan biaya yang dikenakan.

 

Mengapa kita membutuhkan persiapan dana pensiun?

Ketika memasuki masa pensiun, kita tentu ingin tetap dapat menikmati masa pensiun dengan tenang, aman, dan bahagia tanpa terbebani urusan finansial. Contohnya, menikmati liburan keluarga atau  merasakan gaya hidup yang sama seperti saat kita masih dalam usia produktif. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan dana pensiun menjadi penting dimiliki.

Kita tentu tidak ingin mengalami kesulitan finansial saat memasuki usia pensiun dan akhirnya  bergantung pada keluarga atau anak-anak, bukan? Nah, untuk mengantisipasinya, akan lebih baik jika kita segera mempersiapkan dana untuk memasuki masa pensiun yang bahagia, aman, dan sejahtera.

 

Kapan waktu yang terbaik untuk kita memiliki persiapan dana pensiun?

Dana pensiun harus disiapkan sedini mungkin. Besaran premi persiapan dana pensiun pada usia 20-an tentu berbeda dengan besaran dana premi yang perlu dibayarkan pada usia 40-an. Oleh karena itu, usia yang paling ideal untuk mulai mempersiapkan dana pensiun adalah saat kita sudah memiliki penghasilan sendiri atau pada masa awal bekerja. Premi yang tidak terlalu besar akan memudahkan kita dalam menyiapkan dana pensiun. Harapannya, kita bisa memasuki masa pensiun dengan tenang karena sudah melindungi diri dengan persiapan dana pensiun. Jurnal Allianz , Dana Pensiun , 21 Aug 2015

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s