Persiapan Matang Demi Masa Depan Buah Hati

Saya baru membaca artikel tentang biaya pendidikan di Jakarta. Isinya sebagai berikut:

“Kemarin pada saat kumpul-kumpul keluarga, salah satu sepupu saya bingung sekali dalam mempersiapkan biaya pendidikan putranya yang memasuki usia 2 tahun. Dia begitu terkejut ketika mendengar teman di kantornya, harus mengeluarkan uang puluhan jutaan rupiah hanya untuk mendaftarkan anaknya di salah satu playgroup terkemuka di Jakarta. Sungguh angka yang fantastis untuk kelas bermain dan taman kanak-kanak, bagaimana untuk jenjang pendidikan berikutnya?”

Mungkin ketakutan orang ini, juga sempat atau juga sedang membayangi Anda ayah bunda. Perlu diingat ini biaya pendidikan di Jakarta yang berbeda jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di kota lain, terutama Surabaya tempat tinggal saya.

Saat ini biaya sekolah memang sungguh fantastis, bahkan kalau dilihat angka inflasi dalam biaya pendidikan bisa mencapai 15%-20%. Tentu angka ini melebihi angka inflasi ekonomi yang terjadi, sebagai pembanding inflasi tahun 2013 berada di kisaran 8.38%. Karena itu sangatlah penting bagi orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan semenjak dini. Semakin kita menunda, semakin besar potensi dana yang harus dikumpulkan. Sebaliknya jika semakin panjang waktu kita mempersiapkan dana pendidikan tersebut, semakin baik kita mempersiapkannya dan makin tinggi potensi return yang bisa kita dapatkan. Perencanaan pendidikan merupakan salah satu pengelolan keuangan keluarga yang paling penting dipersiapkan semenjak dini melalui investasi rutin.

Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan

dalam merencanakan pendidikan buah hati:

  1. Hitung besarnya biaya yang dibutuhkan. Bicarakan dengan pasangan Anda, apa rencana pendidikan untuk buah hati? Seperti jenjang pendidikan yang diharapkan (Kelas Bermain, TK, SD, SMP, SMA, Kuliah), jenis sekolah yang diinginkan di dalam negeri atau luar negeri, type sekolahnya (internasional, Swasta Lokal atau Negeri), kursus yang akan diikuti, kemudian tentukan Tujuan bersama. Kumpulkan informasi biaya sekolah saat ini sesuai dengan tujuan Anda. Selain uang pangkal dan iuran sekolah, jangan lupa hitung pula biaya perlengkapan sekolah seperti buku, alat sekolah ,seragam dan juga tempat tinggal bila harus tinggal terpisah dengan Anda. Belum lagi, jika Anda juga memiliki rencana menyekolahkan anak ke luar kota/negeri, hitung juga untuk biaya hidupnya di Negara tujuan Anda. pertimbangkan kenaikan biaya akibat inflasi.
  2. Buat jangka waktu. Dikarenakan pendidikan melalui beberapa tingkatan, buatlah jangka waktu bertahap. Sebagai contoh dana masuk TK 4 tahun lagi, masuk SD 6 tahun lagi, SMP 12 Tahun lagi, SMU 15 tahun, dan kuliah 18 Tahun lagi. Pastikan kebutuhan dana Anda dapat mencukupi.
  3. Diversifikasi produk sesuai sesuai kebutuhan dan jangka waktu di atas. Untuk bisa lebih memaksimalkan hasil investasi, gunakan produk yang berbeda sesuai dengan jangka waktunya. Makin panjang waktu yang dimiliki, tingkat risiko yang dapat diambil dapat lebih tinggi. Namun hal ini harus disesuaikan dengan profil risiko Anda.Sebagai contoh untuk keperluan yang paling dekat misalnya di bawah 3-5 tahun investasi dapat ditempatkan ke jenis deposito berjangka atau obligasi yang jatuh temponya hampir sama dengan kebutuhan dana Anda atau dengan unitlink fixed income atau balanced. Lebih dari 5 tahun penempatan investasi dapat dilakukan ke instrumen yang lebih berisiko seperti saham, reksadana saham atau unit link saham. Anda dapat mulai berinvestasi secara bertahap untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sebagai contoh:

Luar biasa bukan angka yang didapat untuk biaya uang pangkal saja. Tentu Anda menginginkan yang terbaik untuk putra putri. Berikut adalah kinerja ratarata pertahun dari fund yang kami kelola. Paling tidak dengan melakukan alokasi asset yang tepat, Anda dapat mengatasi biaya pendidikan buah hati tercinta.

Satu hal yang terpenting adalah kenali profil risiko Anda dan pastikan Anda tahu dimana uang Anda diinvestasikan. Jangan hanya melihat return besar, tapi lihat juga risiko dari investasi Anda. Persiapkan rencana pendidikan buah hati Anda dengan alokasi investasi yang tepat.

“Education is a gift that none can take away”

Ingin informasi lebih lanjut hubungi:

Natanael Financial Consultan Allianz Indonesia tinggal di Surabaya-Sidoarjo

HP/WA 08113436830

 

– See more at: http://investment.allianz.co.id/investment/investment-article/persiapan-matang-demi-masa-depan-buah-hati_1158_1#sthash.djAXzUOx.dpuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s