Pohon Uang di Masa Golden Age

“Ah, umur saya 30 tahun, masih jauhlah dari usia pensiun. Nanti aja nyiapinnya”. Mungkin Anda adalah satu yang berpikiran sama. Pensiun masih jauh dan menunda mempersiapkannya. Sebenarnya seberapa penting kita perlu mempersiapkan dana pensiun ini. Dan kira-kira apa aja sih yang dapat dijadikan sumber dana pada masa pensiun kita? Sebenarnya persiapan dana pensiun bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja. Tidak ada kata  terlambat dalam mempersiapkan dana pensiun ini, namun tentunya semakin pendek masa persiapan, dana pensiun Anda  tentukan akan semakin kecil atau semakin besar uang yang Anda perlu investasikan.  Ada beberapa hal yang penting Anda perhatikan dalam mempersiapkanya:

  1. Tentukan di usia berapa Anda akan menikmati masa pensiun Anda dan hingga usia berapa harapan hidup Anda
  2. Berapa kebutuhan biaya bulanan Anda saat ini atau kira-kira berapa kebutuhan biaya bulanan ketika Anda memasuki usia pensiun. Jangan lupa untuk mempertimbangkan inflasi, biaya kesehatan dan pastinya biaya hobi.
  3. Apakah saat ini Anda telah memiliki aset yang sekiranya dapat Anda jual ketika memasuki masa pensiun. Tentunya jika ada, ini akan meringankan beban tabungan pensiun Anda.

Nah, setelah Anda menghitung berapa jumlah kebutuhan dana pensiun Anda saatnya Anda mengalokasinya sumber dana pensiun ada. Ada banyak instrument investasi yang bisa dijadikan sumber dana pensiun Anda, beberapa diantaranya

  1. Investasi reksadana, Pilih perusahaan aset management yang terdaftar oleh regulator dan terpercaya dalam mengelola dana nasabah. Namun sebelum Anda memilih, Anda harus mengetahui dimana profil risiko Anda. Anda dapat memilih jenis reksadana saham, campuran, pendapatan tetap atau pasar uang. Akan lebih baik jika Anda melakukan secara berkala dengan mendebit langsung dari gaji Anda setiap bulannya.
  2. Saham, jika Anda memiliki profil risiko yang sangat agresif Anda bisa mencobanya. Tapi pastinya risiko akan semakin besar.
  3. Investasi property/tanah, yang mungkin saat ini dapat Anda sewakan  untuk menghasilkan pasif income dan kelak mungkin bisa Anda jual sebagai penambah dana pensiun Anda.
  4. Membuka usaha yang menghasilkan pasif income saat ini dan bisa dijadikan aktif income nantinya di masa pensiun
  5. Investasi emas, mungkin ini bisa dijadikan hedging. Karena nilai emas tidak terlalu agresif.
  6. Asuransi pensiun, Pilih jenis asuransi yang menjamin dana pensiun Anda, biasanya asuransi tradisonal. Dan jangan lupa membeli asuransi kesehatan atau penyakit kritis yang bisa menghampiri Anda ketika masa tua Anda. Dari jangan samapai Anda sudah baik dalam mempersiapkan dana investasinya, namun asuransi terlupakan. Karena biaya kesehatan tidak dipungkiri adalah biaya yang paling banyak menghabiskan dana Anda di masa pensiun.
  7. Jenis investasi lainnya  investasi agribisnis sepeti menanam pohon jati atau tanah perkebunan bisa saja dilakukan, selama Anda tau benar investasi tersebut benar dilakukan dan dikelola dengan baik. Dan yang terpenting Anda perlu mengawasi secara berkala pengelolannya.

Masih banyak cara Anda membuat pohon uang Anda untuk pensiun kelak. Namun pastikan Anda menempatkan dana Anda pada instrument investasi yang aman dan berdasar hokum jelas.

Selamat berinvestasi.

sumber; http://investment.allianz.co.id/investment/investment-article/pohon-uang-di-masa-golden-age_60202_1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s