Asuransi Rawat Jalan, Perlukah?

Punya asuransi rawat jalan itu enak. Datang ke dokter sebentar periksa sekadar pilek atau bisul, pulang tanpa bayar. Atau bayar dulu pake duit sendiri/kartu kredit, nanti minta ganti dengan cara direimburse.

Tapi asuransi bukan untuk cari enak. Asuransi itu tujuannya untuk mendapatkan perlindungan. Perlindungan dari apa? Perlindungan dari risiko-risiko yang tidak sanggup kita tanggung, atau akan terasa berat jika kita menanggungnya sendirian. Jika sesuatu masih sanggup kita tanggung tanpa memberatkan keuangan kita, pada dasarnya hal tsb tidak memerlukan asuransi.

Pertanyaannya: apakah anda sanggup membayar sendiri biaya periksa dokter plus obat untuk sakit semacam pilek dan bisul?

Jika anda sanggup, berarti anda tidak membutuhkan asuransi.

Jika tidak sanggup, berarti anda tergolong orang yang tidak mampu. Anda bisa memanfaatkan program pemerintah semacam JKN-BPJS atau Jamkeskin.

Beres.

Inti Tulisan Ini

  • Asuransi rawat jalan itu TIDAK PERLU.
  • Jika anda sudah memilikinya dari kantor, bersyukurlah, karena kalau beli sendiri, preminya mahal sekali. (Contoh premi rawat jalan bisa dilihat di sini: Tabel Premi Allisya Care. Boleh dibandingkan dengan premi rawat inap untuk plan yang sama).
  • Premi mahal, itu alasan kedua kenapa askes rawat jalan tidak perlu. Seberapa mahal? Contoh: premi 5 juta setahun, manfaatnya maksimal sekitar 10 juta setahun, itu pun jika dipakai semua. Sedangkan untuk asuransi rawat inap dan asuransi jiwa, premi 5 juta setahun manfaatnya bisa ratusan juta sd miliaran.
  • Alasan pertama: biaya berobat jalan tidaklah besar, pakai uang sendiri pun bisa dan tidak akan bikin bangkrut.

Saran

  • Jika anda punya uang untuk bayar premi rawat jalan, simpan saja sebagai dana darurat. Sewaktu-waktu mampir ke dokter, silakan pakai. Itu akan lebih menghemat pengeluaran.
  • Bergabunglah dengan program Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS. Program JKN menyediakan manfaat rawat jalan, rawat gigi, melahirkan, imunisasi, rawat inap, hingga operasi. Preminya sangat murah, mulai 25 ribu sd 80 ribu per bulan per orang.
  • Banyak orang yang menanyakan askes rawat jalan sebetulnya belum punya asuransi yang lebih penting dan prioritas, yaitu: proteksi meninggal dunia, askes rawat inap, penyakit kritis, dan cacat tetap.
  • Jangan sampai anda lebih mencemaskan bisul yang tampak di permukaan, tapi lupa dengan kanker yang mengendap di pedalaman.
  • Prioritas asuransi diukur dari dampak keuangannya, bukan dari frekuensi kejadiannya.

Konsultasi lebih lanjut atau ingin mendaftar polis asuransi kesehatan hubungi:

Natanael (Agen Allianz Indonesia tinggal di Surabaya-Sidoarjo)

HP/WA 08113436830

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s