Mengenal Penyakit Pre Existing Condition dalam Asuransi

Apakah Anda ingin memiliki asuransi tapi sudah ada riwayat sakit penyakit sebelumnya (penyakit pre existing condition)? Tenang, perusahaan asuransi Allianz masih dapat menyetujui pengajuan asuransi yang Anda lakukan tetapi tentunya dengan beberapa persyaratan tertentu.

Dalam asuransi terdapat istilah pre-existing condition, yaitu kondisi di mana Anda sudah terdiagnosis atau memiliki riwayat  penyakit tertentu pada saat mendaftar ke asuransi. Dengan kondisi seperti ini, pada umumnya perusahaan asuransi dapat menerima Anda sebagai nasabah dengan persyaratan tertentu.
Persyaratan tertentu itu antara lain Anda akan tetap dapat mendapatkan perlindungan asuransi namun dengan substandard alias penambahan jumlah premi yang dibayar. Atau bisa juga untuk penyakit pre existing condition tersebut akan dikecualikan dari manfaat yang akan dicover.
Atau yang paling parah, bisa juga pengajuan asuransi Anda akan ditunda atau bahkan ditolak sama sekali. Yang melakukan screening ini adalah pihak underwriter yang bekerja di perusahaan asuransi. Jika dibandingkan dengan bank, underwriter ini ibaratnya seperti analis kredit.
Bedanya analis kredit tugasnya adalah memfilter/ menyaring pengajuan/ permohonan kredit yang masuk apakah layak untuk disetujui permohonan kreditnya atau ditolak. Pengajuan kredit ini disetujui atau ditolak tergantung pada kemampuan dan kesehatan finansial dari si calon peminjam dana (debitur).
Sedangkan kalau di asuransi, yang menjadi tolok ukur diterima atau ditolaknya suatu permohonan asuransi adalah kondisi kesehatan dari si calon tertanggung. Oleh karena itulah, sangat penting sekali untuk membeli asuransi sejak dini. Jangan tunggu sampai sudah kena sakit penyakit, karena proses pengajuan asuransi Anda pasti akan lebih ribet dibandingkan dengan jika saat pengajuan kondisi kesehatan Anda masih prima.
Selain harga premi yang akan Anda bayar kelak bisa menjadi lebih mahal (karena kena extra premi), ada kemungkinan juga pengajuan asuransi Anda akan ditolak. Jadi jangan pernah menunda nunda untuk membeli asuransi.
Apa hal yang Anda butuhkan di saat Anda terkena penyakit kritis?
Jika Anda sudah terdaftar di Allianz, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan  biaya sakit kritis. Hal ini karena ALLIANZ sudah menyediakan biaya sakit kritis untuk Anda. Begitu Anda di vonis dokter kalau Anda terkena penyakit kritis, maka Anda dapat melakukakan klaim ke Allianz dan Allianz akan memberikan Uang Pertanggungan sebesar yang telah disepakati sebelumnya.
Jangan Anda sudah sakit dan terkena penyakit kritis, baru Anda sibuk menelepon saya untuk mendaftar asuransi. Maaf sekali, jika kasusnya demikian, saya tidak dapat membantu Anda. Nasi sudah menjadi bubur. Tidak mungkin lagi dikembalikan menjadi nasi.
Jika kejadiannya demikian, Anda hanya bisa berusaha menggunakan uang pribadi Anda sendiri. Perjuangan Anda melawan penyakit yang Anda derita, hanya akan ditentukan oleh seberapa banyak kemampuan finansial Anda untuk menopang kebutuhan Anda dalam menghadapi penyakit ini.
Ingat, selain biaya pengobatan, Anda juga harus memikirkan biaya hidup sehari hari. Jika Anda tidak punya simpanan uang yang memadai, Anda hanya bisa pasrah terima nasib saja jika sampai kejadian naas ini menimpa Anda. Jika Anda ikhlas, coba tanyakan kepada keluarga dan orang orang terdekat Anda seperti orang tua, saudara, istri maupun anak anak Anda. Apakah mereka ikhlas kehilangan Anda? Apakah mereka ikhlas melihat Anda berhenti berjuang dan kehilangan semangat hidup?
Jika Anda sudah memiliki istri dan anak anak yang masih kecil, terpikirkah oleh Anda bagaimana nasib mereka kelak sepeninggal Anda? Oleh sebab itu, jangan lah bersikap egois. Selagi masih muda dan belum sakit, belilah asuransi Allianz sekarang juga.

 

Kembali lagi ke masalah pre existing condition tadi. Status pre-existing condition dapat ditiadakan oleh perusahaan asuransi apabila Anda telah menjadi nasabah dalam jangka waktu tertentu dan tidak ada lagi laporan klaim maupun mengalami perawatan untuk penyakit yang masuk dalam daftar pre-existing condition sebelumnya.

Setelah melewati masa tunggu tersebut, maka status pre-existing disease dapat dicabut oleh perusahaan asuransi. Di Allianz, untuk jenis produk asuransi kesehatannya yang memberlakukan masa tunggu untuk kondisi penyakit pre existing condition namanya adalah Smartmed Premier dimana untuk penyakit pre existing condition akan dicover setelah 2 tahun usia polis.

Sebagai contoh, Anda pernah terdiagnosis penyakit jantung tapi Anda sudah dinyatakan sembuh setahun yang lalu. Kemudian, asuransi kesehatan Smartmed Premier dari Allianz Anda memiliki kebijakan masa tunggu pre-existing condition selama 2 tahun. Berarti Anda harus menunggu selama 2 tahun lagi dan jika masalah kesehatan jantung Anda tidak pernah muncul lagi, barulah asuransi nya akan mengcover untuk penyakit tersebut.

Masa tunggu setiap penyakit dan kebijakan perusahaan asuransi berbeda-beda, jadi bila Anda pernah memiliki riwayat penyakit tertentu, segera tanyakan kebijakan pre-existing condition dari perusahaan asuransi yang Anda minati. Yang pasti, semua perusahaan asuransi akan mengecualikan kondisi penyakit pre exiting condition.

Di Allianz sendiri, untuk asuransi kesehatan lain selain SmartMed Premier, untuk kondisi penyakit pre existing condition akan di kecualikan permanen selamanya. Untuk asuransi jiwa nya sendiri bisa saja diberlakukan tambahan extra premi atau bahkan pengajuan asuransi nya sama sekali ditolak tergantung dari tingkat keparahan dari kondisi pre existing condition yang telah diderita tersebut. Makanya jangan anggap remeh dengan segala sakit penyakit.

Jika Anda merupakan calon orang tua yang sebentar lagi akan mendapatkan momongan, saya sangat menyarankan Anda untuk segera membelikan asuransi untuk buah hati Anda. Saat mereka dilahirkan di dunia, sudah sepantasnya sebagai orang tua Anda akan senantiasa melindungi mereka dari segala bahaya yang bakal mengancam jiwa mereka. Namun jika bahaya yang mengancam itu di luar kuasa Anda untuk melindunginya, bagaimana? Ya, pakailah bantuan asuransi Allianz.

Premi asuransi untuk anak kecil harganya tidak terlampau mahal. Anda tidak akan bangkrut hanya gara gara Anda membayar premi asuransi untuk anak setiap bulannya. Mungkin pengeluaran Anda untuk membeli keperlua bayi anda seperti susu dan pampers jauh lebih besar daripada biaya premi asuransi untuk anak itu sendiri.

Jika anak sakit, biaya yang akan Anda keluarkan kelak akan jauh lebih besar nantinya jika Anda tidak memiliki asuransi. Jika bisa pakai uang dari asuransi, mengapa mau pakai uang dari kantong sendiri untuk berobat?

Yang tak kalah penting lagi tentang masalah pre existing ini adalah, pastikan Anda selalu mengisi SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa) ataupun SPAK (Surat Permohonan Asuransi Kesehatan) dengan sejujurnya, agar tidak terjadi masalah penolakan klaim di kemudian hari.

Jujur di sini dalam arti Anda tidak berbohong dan tidak menutupi tentang kondisi penyakit pre existing yang telah Anda derita sebelumnya. Sebelumnya sudah ada sakit ini, tapi Anda ngaku nya sehat. Perusahaan Asuransi ini bukan tidak tahu loh. Mereka tahu. Departemen klaim dari perusahan Asuransi itu sangat lihai dalam melakukan investigasi.

Mereka punya banyak channel untuk mengetahui Anda berbohong atau tidak tentang riwayat sakit penyakit Anda. Jadi bersiap siaplah untuk kecewa karena klaim yang Anda lakukan tidak akan cair jikalau Anda main main dengan masalah kondisi pre existing ini. Jika Anda jujur dari awal, Anda tidak perlu kuatir.

Oleh karena itu jangan heran jika kadang Anda menemukan ada orang bertanya-tanya mengapa pengajuan klaimnya mengalami penolakan. Hal itu sebagian besar disebabkan karena adanya kondisi medis yang telah terdiagnosa sebelumnya (Pre-Existing Condition) tersebut

Yang dimaksud dengan Pre-Existing Condition adalah segala jenis penyakit, cidera atau ketidakmampuan yang didiagnosis, yang gejala, perawatan, pengobatan dan konsultasinya telah terjadi sebelum polis diterbitkan.

Jika Anda sebagai seorang calon nasabah asuransi merasa mengalami kondisi dimaksud di atas, maka penting bagi Anda untuk menyampaikan dengan lengkap pada saat mengajukan permohonan polis asuransi.

Karena Pre-Existing Condition dapat mempengaruhi keputusan perusahaan asuransi  pada saat penerbitan polis, apakah polis tersebut tergolong Standar atau Substandar (perlindungan polis diberikan dengan sejumlah ketentuan dan pengecualian klaim), ditunda atau ditolak.

Pre-Existing Condition adalah istilah umum di dunia asuransi jiwa dan kesehatan. Seluruh perusahaan asuransi jiwa memberlakukan kondisi ini.  Maka untuk menghindari ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat penolakan yang terjadi pada saat klaim, segeralah mengemukakan Pre-Existing Condition pada saat pengajuan Polis Asuransi Anda.

Karena perusahaan asuransi berhak menyelidiki dan menelusuri sebuah pengajuan klaim dengan bekerjasama dengan dokter atau rumah sakit yang merawat kondisi penyakit nasabahnya. Semoga tulisan ini memberikan informasi kepada kita, sehingga bisa terhindar dari penolakan klaim.

ingin dibuatkan ilustrasi Asuransi Sakit Kritis Allianz, hubungi:

Natanael Agen Allianz Indoneisa tinggal di Surabaya dan Sidoarjo

HP/WA: 08113436830

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s