Bebas Kalap Saat Jamuan Lebaran

Bagaimana cara yang aman supaya Anda bisa membatasi diri dan bebas kalap saat menyantap jamuan Lebaran?

 

Salah satu yang paling ditunggu saat berkunjung ke rumah sanak keluarga di Hari Raya Idul Fitri adalah mencicipi masakan yang dihidangkan di meja makan. Mulai dari ketupat, opor ayam, hingga cemilan yang tersaji dalam toples di atas meja ruang tamu.

Hari raya Lebaran memang bisa diidentikkan dengan makan besar setelah sebulan lamanya berpuasa. Hal ini membuat banyak orang lupa untuk mengontrol pola dan merusak pola dietnya demi mencicipi hidangan lezat yang disajikan oleh para tetangga. Hasilnya, banyak yang mengeluh badan tidak sehat setelah lebaran berakhir. Padahal setumpuk kesibukan telah menanti sehabis libur panjang.

“Biasanya pada hari Lebaran akan ada acara kunjungan keluarga dan pasti dijamu. Kalau ada banyak tempat yang dikunjungi, berarti akan banyak makanan yang disantap,” ujar Pakar Gizi Universitas Indonesia Dr dr Inge Permadi MS SpGK.

Bahkan menurut Dr. H. Ari Fahrial Syam Sp. PD-KGEH, MMB, hari raya Idul Fitri bisa menjadi momen yang memicu timbulnya penyakit baru karena mengonsumsi secara berlebihan makanan dan minuman yang tinggi lemak, manis, dan makanan asin, yang bisa menyebabkan gangguan lambungmemicu tidak terkontrolnya gula darah, kolesterol, hingga menyebabkan tekanan darah tinggi yang membahayakan kesehatan.

Bagaimana cara yang aman supaya Anda bisa membatasi diri dan bebas kalap saat menyantap jamuan Lebaran?

Awali Dengan Makanan Berserat
Sebelum berangkat bertamu, ada baiknya Anda memenuhi perut dengan buah-buahan berserat, seperti apel atau pisang. Dengan terisi makanan berserat ini, perut akan terasa kenyang sehingga nafsu makan bisa ditekan seminimal mungkin.

Makan Dalam Porsi Kecil
Bila makanan yang dijamukan begitu menggoda, beri sedikit toleransi pada tubuh. Boleh mencicipi, tapi harus ingat diri. Makanlah jamuan dengan porsi kecil saja, setidaknya bisa merasakan nikmatnya jamuan tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi menu makanan tersebut dengan sayur mayur agar kebutuhan serat makin tercukupi.

Jangan Ngemil
“Ayo, dicicipi.” Itulah kalimat yang sering kita dengar dari para tetangga. Tentu saja, sebuah kebahagiaan tersendiri bila cemilan-cemilan mereka dicicipi oleh tetangga yang datang. Apalagi kalau cemilan tersebut bikinan sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Mampukah mengendalikan diri? You Are What You Eat. Semuanya tergantung pada Anda. Demi menghormati tuan rumah, mencicipi sedikit cemilan tentu tidak akan membuat hati mereka tersinggung, serta tidak mengganggu kesehatan Anda. Ingat, sedikit saja!

Atur Makanan Berdasarkan Kunjungan
Saking padatnya jadwal berkunjung ke rumah-rumah keluarga, sahabat, hingga tetangga, Anda mungkin juga akan kesulitan mengatur menu yang harus dimakan di tempat-tempat tersebut. Namun ingatlah bahwa kesehatan Anda jauh lebih penting. Untuk itu aturlah menu makanan berdasarkan kunjungan. Misalnya di rumah si A, khusus untuk makanan pembuka saja, dilanjut dengan makanan utama di rumah B, dan makanan penutup di rumah C. Jangan lupa untuk memilih air putih daripada air sirup atau yang memiliki kandungan gula. Dengan begitu, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan tetap terkontrol dengan baik.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Antisipasi adalah hal terpenting untuk menghindari penyakit paska Lebaran. Selalu ingat bahwa kesehatan Anda masih diperlukan untuk perjalanan balik ke kota dan kembali bekerja di kantor.

Selain itu, tambah perlindungan terhadap diri sendiri dengan asuransi terbaik yang selalu dapat melindungi Anda agar silaturami selama Lebaran tidak terhambat. Untuk itu milikilah perlindungan terbaik dengan asuransi terbaik dari Allianz, karena risiko Anda adalah tanggung jawab kami.

Contact Agen Allianz Indonesia Natanael HP/WA 08113436830

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s