Seputar Asuransi Kesehatan Allianz yang Mencover Biaya Sesuai Tagihan, Limit 6 Miliar

Kali ini saya akan jelaskan tentang Asuransi Kesehatan terbaik yang dimiliki Allianz yakni Smartmed Premier. Keunggulannya adalah limit pertahun Rp 6 Miliar dan mencover biaya sakit di Rumah Sakit sesuai tagihan.

Keunggulan asuransi kesehatan smartmed premier sebagai berikut:

  1. Sebuah produk asuransi kesehatan yang komprehensif bagi individu & keluarga dengan cakupan seluruh dunia, memberikan manfaat Rawat Inap, Kemoterapi, Hemodialisis, Manfaat Biaya Pemakaman, Evakuasi Medis Darurat & Repatriasi, fasilitas cashless di Singapura &Malaysia, HIV/AIDS, Rawat Jalan, Persalinan, Rawat Gigi, dan Bonus apabila Tidak Ada Klaim (sebagai pilihan yang bisa ditambah).
  2. As Charge (sesuai dengan tagihan biaya dirumah sakit)* dam memiliki limit tahunan yang besar.*sesuai dengann ketentuan di polis
  3. Sistem pembayaran dengan kartu (Cashless) dalam jaringan penyedia di Indonesia, Singapura & Malaysia dan reimburst jika diluar jaringan provider.
  4. Memiliki 10 pilihan Plan Kamar mulai dari Rp.500.000/hari s/d Rp.6.000.000/hari
  5. Peserta dapat memilih antara Batasan Tahunan yang berbeda dan tingkat co-share (0%, 10%, 20%) hanya untuk Rawat Inap & Manfaat Persalinan dan yang pertama kali ada pada produk kesehatan individual.

Di produk Smartmed ada istilah layanan CO-Share. Layanan Co-Share adalah layanan yang diberikan kepada peserta SmartMed Premier untuk memilih berapa pertanggungan yang akan dibebankan ke PT Allianz Life dan berapa yang dibebankan ke peserta itu sendiri (Khusus untuk benefit Rawat Jalan & Persalinan) dan 3 pilihan layanan Co-Share yang bisa dipilih diawal kepesertaan (20%,10% dan 0%), sebagai contoh : peserta memilih layanan Co-Share 20%, maka jika terjadi klaim yang sesuai dengen ketentuan klaim didalam polis dan layak untuk dibayarkan, maka PT Allianz Life akan membayarkan 80% dari biaya yang dimaksud (total semua biaya atau inner limit) dan peserta akan menanggung sebesar 20% nya (Ekses Klaim).

Jika nasabah dalam setahun tidak melakukan klaim maka yang menarik di Smartmed premier asuransi kesehatan ini memberlakukan perhitungan no claim bonus. Artinya, jika peserta selama 1 tahun kepesertaan tidak pernah melakukan klaim dan mau melanjutkan kepesertaannya untuk 1 tahun kedepan, maka premi untuk perpanjangan kepesertaan tersebut akan mendapat discount 20% dari premi yang seharusnya dibayar peserta.

Nasabah asuransi kesehatan Allianz dengan produk smartmed premier dapat berobat di Ruma Sakit jaringan provider Allianz. Jaringan provider adalah Rumah Sakit atau Klinik yang sudah melakukan kerjasama dengan provider produk SmartMed Premier (Provider = AdMedika) yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia & Singapore dan diluar jaringan provider adalah Rumah Sakit/Klinik di seluruh dunia yang belum bekerja sama dengan provider.

Jadi jika peserta menjalani perawatan di jaringan provider maka peserta bisa menggunakan kartu SmartMed Premier sebagai alat pembayaran/Cashless (selama tidak melebihi dari plan kamar yang dipilih dan sesuai dengan ketentuan klaim yang terdapat dalam polis ) dan peserta hanya membayar Ekses klaim yang terjadi (jika ada), tapi jika perawatan dilakukan di luar jaringan provider, maka peserta harus membayar dulu ke rumah sakit/klinik tersebut dan kemudian kwitansi pembayaran serta dokumen-dokumen yang diperlukan bisa di reimburst ke PT Allianz Life dalam waktu maksimal 30 hari setelah meninggalkan Rumah Sakit/Klinik tersebut.

Yang membuat kantong saat gak punya uang aman adalah fasilitas Cashless. Cashless untuk klaim Rawat Inap & Persalinan hanya bisa dilakukan di jaringan provider (Admedika) di Indonesia, Malaysia dan Singapore sedangkan Cashless rawat jalan & Gigi hanya bisa di jaringan provider Admedika di Indonesia.

Apakah dengan bayar premi bulanan bisa dapat fasilitas Cashless? Tidak. Hanya polis dengan metode pembayaran premi 6 bulanan & tahunan saja yang bisa mendapatkan fasilitas Cashless.

Misalnya peserta tidak dapat kamar sesuai plan, maka peserta boleh melakukan perawatan di ruangan yang lebih tinggi  1 plan diatas plan yang dimiliki dan maksimal 2 hari. Tapi jika peserta secara sengaja memilih kamar yang lebih tinggi dari plan maka akan diberlakukan inner limit sesuai dengan tabel manfaat SmartMed Premier.

Bagaimana dengan koordinasi manfaatnya, contoh : jika peserta sudah membeli maxiviolet plan Rp 500.000, lalu membeli lagi SmartMed Premier Plan Rp. 1000.000 kemudia peserta dirawat di RS jaringan provider Admedika dengan kamar Rp 1.300.000/hari, apakah selisihnya bisa dicover oleh produk MaxiViolet?

Jika peserta klaim dengan menggunakan cashless maka peserta diharuskan membayar ekses klaimnya terlebih dahulu, setelah itu ekses klaimnya bisa direimburst ke Allianz Life dengan melampirkan medical record Rumah Sakit dan kwitansi biaya perawatan yang dibayarkan.

Suatu saat nasabah saya kena loading karena pernah operasi batu empedu dan gula darahnya tinggi. Keputusan underwriting produk ini bisa salah satu dari 5 keputusan berikut ini : Diterima, Diterima dengan Extrapremi, Diterima dengan pengecualian, Diterima dengan Extra premi & Pengecualian, dan ditolak. Dan nasabah saya waktu itu harus kena loading 100% yang semula preminya pertahun Rp 9jt menjadi Rp 18jt pertahun.

Tentang aturan polis apakah bisa diperpanjang otomatis saat berakhirnya kontrak. Jawabannya adalah tidak otomatis, tetapi 30 hari sebelum polis berakhir akan dikirim surat pemberitahuan, bisa berupa renewal notice atau surat pemberitahuan bahwa polisnya tidak dapat diperpanjang, untuk yang dikirim renewal notice, jika ada konfirmasi & pembayaran, maka polis akan diperpanjang (prosedur renewal), jika peserta sudah pernah melakukan klaim tidak akan langsung distop/tidak boleh perpanjangan saat renewal, tetapi akan ada re- underwritting untuk melihat apakah klaimnya wajar atau tidak , akan ada pertimbangan dari riwayat klaim tersebut.

Kelebihan lain adalah jika tertanggung terdiagnosa HIV/AIDS dengan atau tanpa melakukan rawat inap di rumah sakit maka Allianz Life akan membayarkan manfaat secara lumpsump sebesar Rp 10.000.000.

Sumber: pertanyaan-seputar-asuransi-kesehatan-smartmed-premier/

Konsultasi lebih lanjut atau pendaftaran asuransi kesehatan Smartmed Premier

Hubungi: Natanael, Konsultan Asuransi Allianz

HP/WA 08113436830

email: natanael.allianz@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s