Apa Benar Klaim Asuransi Susah?

Ada beberapa kasus yang menyebabkan klaim kita tidak disetujui oleh pihak underwritting perusahaan asuransi.

“Jika  seseorang menutup-nutupi fakta yang sebenarnya, misalnya orang tersebut sudah mengidap penyakit tertentu sebelum membeli polis, mungkin bisa jadi pengajuan polisnya akan ditolak. Kemungkinan lain adalah untuk penyakit yang telah diidap itu akan dikategorikan sebagai penyakit pre-existing sehingga akan dikecualikan permanen. Jika orang tersebut sejak awal tidak menginformasikan bahwa dia memiliki kondisi penyakit sebelum membeli polis, maka secara hukum, pihak perusahaan asuransi tidak salah jika tidak membayarkan klaim orang tersebut”. Beginilah isi blog Christine Liman yang saya baca pada artikel berjudul bagaimana-proses-klaim-asuransi-allianz-mudah.

Di artikel tersebut dijelaskan bahwa ketidakjujuran yang sering dilakukan nasabah berakibat pada tidak dicairkannya klaim.

Berikut ini syarat agar klaim cepat dicairkan pihak underwritting asuransi yang saya kutip dari blog perlindungankeluargaku.com yang ditulis Christin Liman:

  • Pastikan polis Anda masih aktif. Jika lapsed otomatis tidak akan bisa klaim. Jadi rawatlah polis Anda seperti Anda merawat kendaraan Anda. Jika terlambat perawatannya, bisa mogok juga kan kendaraan anda? Begitu juga dengan polis kita. Pastikan bahwa premi asuransinya disetor tepat waktu.
  • Ketika akan melakukan klaim pastikan bahwa semua dokumen telah lengkap. Jika klaim rawat inap rumah sakit, pastikan juga cap rumah sakit serta tanda tangan dokter tercantum dalam form klaim rawat inap. Jika semua form lengkap, biasanya dalam waktu 7-21 hari kerja proses klaim sudah disetujui.
  • Ada masa tunggu untuk setiap penyakit. Pelajari polis Anda. Untuk sakit kritis ada masa tunggu 90 hari. Untuk asuransi kesehatan rawat inap rumah sakit, ada masa tunggu 30 hari dan masa tunggu 12 bulan untuk penyakit tertentu (ada 12 penyakit khusus yang dikecualikan di 12 bulan pertama). Keterangan selengkapnya ada di buku polis Anda. Untuk klaim asuransi jiwa dan kecelakaan, tidak ada masa tunggu. Satu hari sejak polis aktif sudah berlaku.
  • Segala bentuk penyakit yang sudah ada sebelum kita masuk asuransi (pre existing condition) tidak akan dicover oleh asuransi. Oleh sebab itu pastikan anda jujur tentang kondisi kesehatan anda di saat awal anda mengajukan asuransi tanpa ada yang ditutupi.
  • Tertanggung utama melakukan pelanggaran hukum maka klaim pasti akan ditolak.
  • Terindikasi melakukan kejahatan berasuransi, maka klaim pasti akan ditolak. Untuk semua itu pastilah perusahaan asuransi akan mengikuti prosedur hukum yang berlaku di Indonesia.

 

Informasi pendaftaran asuransi Allianz hubungi saya, Natanael HP/WA 08113436830

Advertisements

One thought on “Apa Benar Klaim Asuransi Susah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s