Produk yang Menanggung Sekaligus Rawat Inap, Rawat Jalan, dan Asuransi Jiwa

Saya ingin membagikan informasi dari myallisya.com/2017/12/21. Karena cerita tersebut juga saya alami. Saya pernah ditanya teman, dia mencari asuransi yang bisa menanggung rawat inap, rawat jalan dan asuransi jiwa yang ada UP-nya. Di artikel tersebut dijelaskan bahwa produk yang menanggung sekaligus rawat inap, rawat jalan, dan asuransi jiwa tidak tersedia di asuransi Allianz.

Produk yang tersedia adalah:

  •  Asuransi jiwa + rawat inap (tanpa rawat jalan). Nama produk Tapro Allisya Protection Plus.
  • Asuransi rawat inap + rawat jalan (tanpa asuransi jiwa). Nama produk Allisya Care. Selain itu ada juga Smartmed Premier dan Maxi Violet.

Di artikel tersebut dijelaskan bahwa anggaran premi bapak A adalah 300 ribu per bulan, maka manfaat yang bisa diambilnya hanyalah asuransi jiwa dengan UP 150 juta. Dan jika ingin ditambah rawat inap (rider HSC+), maka premi harus dinaikkan jadi minimal 500 ribu per bulan, dan mendapatkan rider HSC+ plan kamar 350rb.

Ilustrasi bisa dilihat di bawah ini;

Konsultasi asuransi 1 Ilustrasi

Dan rincian manfaat rawat inap rider HSC+ plan 350 bisa dilihat pada tabel bawah:

Konsultasi asuransi 1 Ilustrasi 2

Di artikel tersebut tidak membuatkan ilustrasi untuk produk asuransi rawat inap + rawat jalan, karena preminya harus tahunan, tidak sesuai dengan anggaran.

Tapi sebagai informasi, jika menggunakan produk Allisya Care dengan manfaat rawat inap + rawat jalan (tanpa asuransi jiwa), plan 350, preminya adalah 5.269.000 setahun.

Konsultasi asuransi 1 Ilustrasi 3

Seperti terlihat pada gambar di atas, premi untuk rawat inapnya sendiri 2,308 juta setahun, dan untuk rawat jalannya 2,925 juta setahun. Premi rawat jalan lebih mahal, sedangkan manfaatnya tak seberapa. Tabel manfaat rawat jalan plan D (350) bisa dilihat di bawah ini:

Konsultasi asuransi 1 Ilustrasi 4

Di artikel tersebut dijelaskan bahwa konsultasi dokter umum dibatasi 75 ribu per kunjungan, maks 30 kunjungan per tahun. Konsultasi dokter spesialis 150 ribu per kunjungan, maks 10 kunjungan per tahun. Dan untuk obat-obatan dibatasi 3 juta per tahun. Padahal preminya sendiri hampir 3 juta per tahun.

Selain itu, untuk rawat jalan ada co-share 20%. Co-share artinya berbagi risiko. Artinya, pihak asuransi mengganti sebanyak 80% biaya, dan 20% harus ditanggung nasabah. Contoh, biaya obat habis 1 juta, maka yang diganti pihak asuransi adalah 800 ribu. Sisanya 200 ribu menjadi tanggungan nasabah.

Manfaat rawat jalan pada Allisya Care hanya bisa diklaim menggunakan sistem reimbursement (bayar dulu, lalu ajukan klaim). Produk rawat jalan yang bisa cashless hanya Smartmed Premier.

Secara umum, dengan membandingkan premi dan manfaatnya, serta kebutuhan biayanya yang tidak besar, saya tidak sarankan ambil rawat jalan. (Baca juga: Rawat Jalan Itu Tidak Perlu Pakai Asuransi)

Risiko yang memerlukan asuransi hanya 4, disingkat R-S-C-M, yaitu Rawat inap, Sakit kritis, Cacat tetap, dan Meninggal dunia.

Keempatnya membutuhkan biaya yang lumayan besar hingga sangat besar, bahkan bisa menimbulkan hilangnya sumber penghasilan.

Demikian.

Untuk konsultasi mengenai asuransi dan produk-produk asuransi dari Allianz, silakan menghubungi saya:

Natanael (Bisnis Eksekutif ASN_)

HP/WA 08113436830

email: natanael.allianz@gmail.com

 

sumber: https://myallisya.com/2017/12/21/mohon-informasi-mengenai-asuransi-rawat-inap-rawat-jalan-dan-ada-asuransi-jiwanya/#more-12203

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s