Asuransi bukan Investasi tapi Pemberi Dana Santunan

Pak, saya tertarik dengan artikel Bapak tentang asuransi yang bisa dapat income. Bagaimana caranya?”

“Caranya gampang, Bapak tinggal buka polis di asuransi saya, yakni Allianz.” Jawabku saat ditanya tentang artikel saya berjudul apakah-anda-mau-honor-rp1jt-perhari-saat-dirawat-di-rumah-sakit/

“Trus agar dapat honor bagaimana?”

“Agar dapat honor, Bapak harus di rawat di rumah sakit terlebih dahulu.”

“Ow begitu ya pak,”

Dari dialog diatas dapat disimpulkan masih banyak orang belum sadar tentang asuransi. Dikiranya asuransi itu pemberi talangan.

Ada juga yang beranggapan, asuransi adalah investasi. Iya, memang bisa dikategorikan seperti itu, namun itu persepsi salah. Banyak agen dari asuransi lain yang menawarkan tentang investasi di asuransi khususnya unitlink. Dan banyak pula yang kecewa karena hasil investasi asuransi yang selama 10 tahun diinvestasikan ternyata diluar dari harapan atau tidak sesuai dengan ilustrasi yang ditawarkan agen.

Kalau kita kembali ke definisi awal, asuransi adalah suatu perusahaan yang akan memberi dana atau santunan jika tertanggung mengalami hal yang tidak diharapkan, seperti meninggal, kecelakaan, atau sakit.

Menurut bahasa, asuransi berasal dari bahasa inggris yaitu insurance yang berarti pertanggungan.

Menurut UU No. 2 Tahun 1992, asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dimana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab pihak hukum ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Secara umum, asuransi adalah suatu perjanjian antara tertanggung (nasabah) dengan penanggung (perusahaan asuransi). Pihak perusahaan asuransi bersedia menanggung sejumlah kerugian yang mungkin akan timbul dimasa mendatang.

Istilah asuransi menggambarkan setiap tindakan untuk perlindungan terhadap risiko. Pengguna asuransi diberikan kewajiban untuk membayarkan uang dalam jumlah tertentu yang disebut dengan premi, yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Pemahaman di atas semoga meluruskan anggapan orang bahwa asuransi itu investasi dan parahnya lagi ada agen yang menawarkan tabungan pendidikan. Itu salah, sama sekali bukan prinsip asuransi.

Demikian sedikit dari saya,

Jika anda ingin mendaftar asuransi kesehatan atau asuransi jiwa hubungi saya:

Natanael HP/WA 08113436830

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s