Panduan Pemegang Polis Asuransi Allianz

Microsoft Word - Panduan Pemegang polis 2 hal 270516 printSalam Pemegang Polis Asuransi Allianz dimanapun anda berada,

Terima kasih telah mempercayakan perlindungan keuangan anda kepada PT Asuransi Allianz Life Indonesia melalui situs www.proteksifinancial.com,

Berikut ini ada beberapa informasi penting yang perlu saya sampaikan.

  • Simpanlah buku polis anda di tempat yang aman dan mudah diakses. Buku polis anda memiliki nilai penting yang setara dengan surat-surat berharga yang anda miliki (sertifikat rumah, sertifikat tanah, perjanjian kredit, dll).
  • Mohon pelajari polis asuransi anda dengan baik. Poin penting yang perlu diketahui antara lain: apa saja manfaat polis, besarnya manfaat (UP dasar dan rider), biaya-biaya polis, pengecualian, dan cara-cara klaim. Jika ada yang kurang dipahami, sila konsultasikan dengan saya selaku agen asuransi anda.
  • Informasikan polis anda kepada orang-orang terdekat: istri/suami, anak, orangtua, saudara, kerabat dekat dan jauh, bahkan tetangga. Dalam keadaan darurat, merekalah yang diharapkan akan menghubungi saya selaku agen asuransi anda untuk membantu mengurus klaim polis anda.
  • Jika anda pemegang kartu cashless dari produk askes rawat inap sejenis rider HSC+ atau Smarthealth Maxi Violet, Allisya Care, SmartMed Premier, simpanlah kartu anda di tempat yang mudah ditemukan saat dibutuhkan dan bawalah jika bepergian ke luar kota. Pastikan anda telah mengetahui rumah sakit rekanan Allianz terdekat dari tempat tinggal anda, termasuk RS rekanan di kota-kota yang biasa anda kunjungi. Daftar RS rekanan terkini bisa diunduh di website allianz.co.id, pilih List Provider Allianz-AdMedika Individu.
  • Daftarkan polis asuransi anda di Portal Online Allianz untuk memantau status polis, histori pembayaran premi, nilai investasi, dan informasi lainnya seputar polis asuransi anda. Klik di Portal Online Allianz. Untuk penggunaan pertama kali, mohon lakukan Pendaftaran di kolom sebelah kiri. Pilih Asuransi Jiwa.
  • Selalu setorkan premi polis anda tepat waktu, sebelum atau pada tanggal jatuh tempo. Untuk cara setor via autodebet tabungan, selalu sediakan dana pada hari pendebetan (yaitu antara tanggal 5, 15, atau 25, mana yang terdekat dari tanggal jatuh tempo). Untuk cara setor via kartu kredit, jadwal pendebetan ialah tanggal 5, 12, 20, atau 28 (mana yang terdekat dari tanggal jatuh tempo). Pendebetan akan diulang pada tanggal pendebetan berikutnya jika gagal pada pendebetan pertama.
  • Dalam 2 tahun pertama, polis anda memiliki masa tenggang 45 hari kalender. Jika anda telat setor premi, proteksi polis anda tetap berlaku selama tidak melebihi 45 hari. Tapi perlu diingat bahwa proses penyetoran hingga penerimaan premi oleh Allianz butuh waktu beberapa hari di luar hari libur. Jadi, untuk keamanan polis anda, selalu setor premi anda tepat waktu, dan manfaatkan keleluasaan ini hanya dalam kondisi kepepet.
  • Setelah 2 tahun, polis anda akan memiliki masa tenggang sesuai jumlah nilai investasinya. Selama nilai investasi cukup untuk membayar biaya-biaya polis, polis anda tetap berlaku. Jika nilai investasi tidak cukup untuk membayar biaya-biaya polis, polis anda lapse. Untuk keamanan polis, tetaplah setor premi sesuai jadwal jatuh tempo, dan manfaatkan keleluasaan ini hanya dalam kondisi kepepet.
  • Perlu diingat bahwa jika polis anda sempat lapse lalu pulih kembali, maka masa tunggu akan dihitung lagi dari awal (antara lain 90 hari untuk klaim penyakit kritis, 30 hari untuk rider HSC+), dan kemungkinan investigasi jika ada klaim dalam 2 tahun setelah pemulihan akan kembali diberlakukan. Jadi, jagalah polis anda agar tetap aktif dengan cara menyetor premi tepat waktu.
Advertisements